Jelang Harlah Kab. Rembang, Kakankemenag ziarah ke makam bersejarah

Rembang – Menjelang Hari Ulang Tahun Kabupaten Rembang ke 277, jajaran pejabat Pemerintah Kabupaten Rembang bersama Forkopimda mengadakan ziarah ke sejumlah tempat bersejarah di Rembang. Di antaranya, makam Sayyid Abdurrahman (Eyang Sambu) Lasem, makam Mbah Srimpet, makam RA Kartini, makam Pangeran Sedo Laut yang ada di belakang Masjid Agung Rembang, Makam Sunan Bonang Lasem, dan Taman Makam Pahlawan.

Ziarah tersebut dilaksanakan pagi tadi. Bupati Rembang, H. Abdul Hafidz beserta istri berziarah di makam Sayid Abdul Rahman (Eyang Sambu) dan makam Mbah Srimpet atau Adipati Raden Tejo Kusuma yang berada di kompleks masjid Jami’ Lasem.

Ziarah ini melibatkan sejumlah penyuluh agama Islam yang bertugas untuk membacakan tahlil dan doa. Wakil Bupati bersama istri berziarah ke makam RA Kartini di Kecamatan Bulu.  Adapun Kakankemenag Kabupaten Rembang, Atho’illah berziarah di makam Pangeran Sedo Laut, kompleks Masjid Agung Rembang.

Dalam sambutannya, Bupati mengatakan, ziarah ini ditujukan untuk mengenang jasa Pahlawan dan tokog agama yang berjuang demi kemerdekaan Indonesia. Menurutnya, ziarah ini selain mengenang jasa para tokoh agama semasa hidup, juga berharap berkah mengalir untuk kabupaten Rembang.

”Mudah- mudahan dengan ziarah jni banyak berkah yang mengalir untuk kabupaten Rembang. Baik keamanan, kesejahteraan dan kemajuan di bidang ekonomi sosial budaya,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut tampak seluruh Kepala Desa, sejumlah ulama yang ada di wilayah Kecamatan Lasem juga ikut dalam agenda ziarah. Sebelum meninggalkan komplek Masjid Jami’ Lasem, Bupati juga melihat sejumlah benda- benda bersejarah yang ada disana.

Kakankemenag Kabupaten Rembang, Atho’illah mengatakan, ziarah ke makam tokoh bersejarah di Rembang ini harus dilestarikan. “Tikoh-tokoh tersebut sangat besar perannya untuk kemajuan masyarakat Kabupaten Rembang,” ujarnya. — iq/bd