Jelang MTQ, Penyuluh & LPTQ Tugu Gelar Manaqiban

Semarang – Sejumlah pengurus LPTQ dan Penyuluh Agama Islam non PNS Kecamatan Tugu gelar manaqiban untuk menyongsong lomba tilawah tahunan. Acara yang berlangsung khidmat dan singkat ini diselenggarakan yang  di Kantor Urusan Agama Kecamatan Tugu, Jl. Tapak Tugurejo, RT 001 RW 002, Kelurahan Tugurejo Kecamatan Tugu Kota Semarang (24/5) yang lalu.

Ketua Lembaga Pelatihan Tilawatil Qur'an Kecamatan Tugu, Robithoh Zain mengungkapkan bahwa acara manaqiban ini diselenggarakan guna membangkitkan dan menguatkan jiwa Spiritual-Intelektual dan Qur'anic Social Capital (membumikan al Qur'an) para pengurus dan penyuluh.

“Acara Manaqiban ini diselenggarakan secara khusus untuk menyongsong Lomba MTQ Tahun 2021. Supaya jiwa semangat nasional-intelektual-spiritual pengurus kembali bangkit dan selalu menginspirasi di masyarakat sekitar”, papar Penyuluh Agama Islam Non PNS Kecamatan Tugu.

Menurutnya, dengan cara inilah pengurus LPTQ bisa ikut mempersiapkan atlit MTQ dan MHQ yang handal serta wujud rasa syukur telah dilantiknya Lembaga Tilawatil Qur'an sebulan lalu.

“Tanggal 5 Mei 2021 lalu kami sudah dilantik oleh pak sekda, Izwar Aminuddin, MT,  dan sekarang saatnya mengupgrade kembali semangat Qur'ani para pengurus dan penyuluh” pungkas pemuda yang juga Sekretaris PC GP Ansor Kota Semarang tersebut.

Selain itu, Kepala KUA (Kantor Urusan Agama) Kecamatan Tugu, H. Khoiruddin Zuhri  menegaskan bahwa acara manaqiban tersebut diselenggarakan sesuai SOP Protokol Kesehatan yang berlaku.

“saya mengamati dengan seksama, penyuluh dan pengurus yang hadir di acara manaqiban ini sudah memakai masker, jaga jarak dan dihadiri 18 jama'ah dari unsur penyuluh dan pengurus” ujar Penghulu Madya golongan III/d itu.

Ia melanjutkan, bahwa point yang terpenting dalam acara seremonial keagamaan ini adalah pengurus LPTQ dan Penyuluh Agama Islam mampu melahirkan dan menghadirkan semangat cinta tanah air kepada seluruh lapisan masyarakat Tugu berdasarkan nilai-nilai al Qur'an dalam setiap tugas yang diembannya.(sb/sy/bd)