Kemenag Siapkan Program selama Ramadhan

Semarang – Pada pelaksanaan apel pagi jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian Agama Kota Semarang, Rabu (24/05) Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Semarang Muh Habib bertindak sebagai Pembina Apel. Dalam amanatnya disampaikan bahwa beberapa hari lagi umat Islam akan masuk bulan suci Ramadhan 1438H.

Selama bulan puasa berdasarkan Surat Edaran Menpan RB 20 tahun 2017 tentang Penetapan Jam Kerja ASN, TNI dan POLRI pada Bulan Ramadhan yang ditindaklanjuti dengan Surat Edaran Sekjen Kemenag dan surat Kakanwil Kemenag Jawa Tengah, jam kerja ASN di lingkungan Kemenag telah diatur. “Pada hari Senin sampai Jum’at masuk pukul 08.00 WIB, pulang pukul 15.00 WIB. Khusus hari Jum’at masuk pukul 08.00 WIB, pulang pukul 15.30 WIB. Sedangkan waktu istirahat Senin hingga Kamis pukul 12.00 WIB sampai 12.30 WIB, istirahat pada hari Jum’at pukul 11.30 WIB sampai pukul 12.30 WIB,” terang Kepala Kantor.

Ditekankan kegiatan selama Ramadhan yang harus diikuti oleh ASN beragama Islam adalah tadarrus Alquran sesudah apel pagi selama 15 menit. Selain itu dilaksanakan kultum sesudah sholat dhuhur berjama’ah di musholla kantor dengan penceramah sesuai jadwal yang telah ditentukan. “Sebagai manusia sudah selayaknya kita saling mengingatkan. Manusia tidak ada yang sempurna, pasti mempunyai kesalahan. Manusia adalah tempat salah dan khilaf yang butuh nutrisi rohani, dengan maksud inilah kultum diadakan,” ujarnya.

Selanjutnya disinggung tentang jadwal tarawih keliling (tarling) dengan Walikota dan Muspida Kota Semarang yang dilaksanakan di berbagai tempat. Pada kegiatan yang rutin dilakukan selama Ramadhan ini, bagi pejabat struktural di lingkungan Kemenag dan Kepala KUA serta penyuluh agama Islam mendapat jatah mengikuti tarling sesuai jadwal yang telah ditentukan. Menurut jadwal yang dikeluarkan oleh pemkot Semarang, Kantor Kemenag mendapatkan giliran sebagai tuan rumah tarling tanggal 09/06.

“Besok pagi adalah hari libur, tetapi saya tidak libur, karena harus menghadiri Karnaval Budaya dan Prosesi Dugderan Menjelang Puasa 1438H di Balaikota, Masjid Agung Semarang dan Masjid Agung Jawa Tengah,”. Sedangkan hari Jum’at malam Sabtu (26/05) sudah mulai dilaksanakan tarling pertama di Masjid Agung Kauman, berikutnya Sabtu malam Minggu (27/05) tarling dilaksanakan di Rumah Dinas Walikota Semarang,” imbuhnya.

Muh Habib mengajak jajarannya untuk saling memaafkan satu sama lain dan berharap agar dapat menjalankan ibadah puasa dengan sempurna sehingga menjadi orang yang bertaqwa. Bagi pegawai non muslim, disilakan untuk mengkaji Kitab Sucinya atau beribadah sesuai agama masing-masing. “Mari kita perbaiki hablum minallah dan hablum minannas. Marhaban ya Ramadhan. Selamat menjalankan ibadah puasa,” pungkasnya.(ch/gt)