Jelang UNBK, MTsN Kaliangkrik Fokus pada Penguatan Mental dan Spiritual

Magelang – Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tinggal hitungan hari. Pada tanggal 2 Mei 2017 besuk, para siswa MTsN akan melaksanakan UNBK. MTsN Kaliangkrik kabupaten Magelang fokus pada kegiatan penguatan mental dan spiritual agar para siswa memiliki daya juang untuk meraih prestasi terbaik dan selalu diberikan petunjuk serta kemudahan dalam mengerjakan ujian.

Kontributor berita Nur Sakinah, menyampaikan bahwa MTsN Kaliangkrik melaksanakan Mujahadah dan Doa Bersama yang diikuti oleh 240 siswa kelas 9 dan orang tua/wali siswa, di Aula MTsN Kaliangkrik, Sabtu (22/04/2017).

Nur Sakinah menyampaikan bahwa mujahadah secara umum adalah berjuang, bersungguh-sungguh, berperang melawan musuh. Dalam arti luas, dapat diartikan dengan bersungguh-sungguh untuk memerangi dan menundukkan hawa nafsu untuk diarahkan kepada ajaran agama yang benar.

“Dalam konteks persiapan menghadapi UNBK, mujahadah dimaksudkan dengan bersungguh-sungguh untuk belajar, menghindarkan diri dari hal-hal yang tidak mendukung pada suksesnya Ujian Nasional,” kata Sakinah.

Sakinah menyebutkan bahwa ada 4 manfaat yang bisa diperoleh dengan penyelenggaraan mujahadah tersebut, yaitu: 1). Menjernihkan hati dan marifat billah (sadar kepada Allah Swt), 2). Memperoleh hidayah taufiq dari Allah Swt serta syafaat RAsulullah Saw, 3). Mendidik menjadi orang yang sholeh yang senantiasa mendoakan kedua orang tuanya, dan 4). Diberikan keamanan, ketrentaman, kedamaian, dan kesejahteraan.

Kepala MTsN Kaliangkrik Ahmad Zaeni RB, menuturkan bahwa doa bersama dan mujahadah memang perlu dilakukan karena usaha fisik dan batin merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan.

“Sebagai sekolah yang memadukan antara pendidikan umum, dan agama, MTsN Kaliangkrik sangat mengedepankan pendidikan karakter. Melalui mujahadah dan doa bersama, kita berusaha sekuat tenaga agar mencapai hasil yang optimal,” kata Ahmad Zaeni.

“Kita tidak boleh lupa untuk berdoa kepada Allah Swt karena usaha lahir yang berupa pemberian materi ujian Nasional sudah diberikan secara optimal. Melalui doa bersama ini, semoga Allah Swt memberikan kesehatan dan keselamatan menjelang UNBK,” lanjutnya.

Dalam kegiatan tersebut hadir Lina Nur KHofifah, alumni MTsN Kaliangkrik yang terpilih menjadi duta pelajar pada pertukaran pelajar ke Amerika Serikat. Ia memberikan motivasi kepada adik-adiknya agar memiliki semangat belajar dalam meraih cita-citanya. “Tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini, kalua kita mau berikhtiar,” katanya.

Mujahadah dan doa bersama dipimpin oleh K.H. Drs. Fahrudin, dengan membaca Asmaul Khusna 10 kali, Sholawat Nariyah 700 kali, dan Surat Al-Fatihah 40 kali.

Fahrudin menyampaikan bahwa persiapan Ujian Nasional Berbasis Komputer ini tak hanya dilakukan siswa dengan belajar lebih rajin, namun juga diiringi doa dan tahajud bermunajat pada Allah.

“Jangan lupa meminta doa restu dari orangtua. Ritual ibadah kepada Allah harus dilakukan oleh semua komponen baik siswa, orangtua, maupun guru agar Allah Swt memberikan kemudahan, kelancaran, dan kesuksesan bagi para siswa MTsN Kaliangkrik,” katanya. (chalimah-m45k-Af)