Jelang UNBK, Siswa MTsN Sumber Berziarah

Rembang – Meskipun masih terselenggara satu bulan lagi, Ujian Nasional sudah terasa kian dekat saja. Setiap hari, peserta didik ditempa belajar lebih giat agar sukses mengikuti UN ini. Tak ketinggalan MTsN Sumber, terus berupaya mempersiapkan Ujian Nasional Berbasis Komputer.

Sebagaimana yang diungkapkan oleh Kepala MTsN Sumber, Supalal. MTsN Sumber berusaha semaksimal mungkin mempersiapkan peserta didik untuk menghadapi UNBK. “Banyak kegiatan-kegiatan tambahan yang kami adakan untuk menghadapi UNBK ini, selain simulasi dan try out yang diselenggarakan bersama dengan sekolah lain,” katanya.

Upaya MTsN Sumber tak sebatas itu. Berkat dorongan para guru, siswa kelas IX ini mempuyai inisiatif membentuk kelompok belajar di kelas maupun rumah. Mendekati hari-hari UN, kelompok ini secara kontinyu mengadakan diskusi-diskusi tentang pelajaran yang akan di UN kan.

“Yang dibahas adalah materi yang tidak dipahami. Selain itu juga prediksi soal-soal yang akan diujikan. Prediksi ini dipelajari dari bank soal UN pada tahun-tahun sebelumnya, dan kisi-kisi ujian yang diterbitkan oleh percetakan ternama di Semarang,” kata Supalal.

Ziarah

Supalal menyatakan optimistis akan hasil UN yang akan dicapai. Menurutnya, peserta didik telah berupaya maksimal dengan belajar sungguh-sungguh. Kendati demikian, ikhtiar tersebut harus disertai dengan doa.

Oleh karena itu, pada akhir pekan lalu, 217 siswa kelas IX mengadakan ziarah ke makam wali sekitar. “Siswa didampingi oleh guru melakukan ziarah ke Makam Mbah Mutamakin, Mbah Ronggowarsito, dan sesepuh lainnya untuk menyampaikan washilah doa kelancaran UN,” kata Supalal.

Supalal berharap, dengan ikhtiar dan doa yang dilakukan oleh siswa-siswi tersebut akan memberikan kesiapan mental mereka. “Jika keyakinan dan rasa percaya diri ada, akan berpengaruh pada hasil yang optimal,” ungkapnya. (ss/bd)