Jelang USBN PAI, Kemenag Surakarta Gelar Rakor

Surakarta – Kantor Kementerian Agama( Kemenag) Kota Surakarta melalui Seksi PAKIS menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) USBN PAI SD dan SMP. Acara ini dihadiri oleh KABID SD dan SMP Dinas Pendidikan Kota Surakarta, Pengawas PAI, Pengurus KKG PAI SD Kota Surakarta dan pengurus MGMP PAI SMP Kota Surakarta di Aula Kemenag Kota Surakarta,Selasa( 10/4).

Kepala Kemenag Kota Surakarta yang diwakili KASI PAKIS, Zarkasi┬ámemimpin Rakor sekaligus memberrikan pengarahan terkait pelaksanaan USBN PAI SD dan SMP Tahun Pelajaran 2017/ 2018. “Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran diikuti dengan sistem evaluasi pembelajaran melalui pelaksanaan USBN,” tegas Zarkasi.

Lebih lanjut Zarkasi menjelaskan, Kemenag telah menyiapkan Soal USBN PAI. Pembuatan Soal USBN PAI merupakan kolaborasi dari Pusat Anchor sebesar 20% – 25%┬ádari sekolah/daerah sebesar 75% – 80% yang dibuat oleh MGMP Provinsi.

Soal USBN PAI SD dan SMP dalam bentuk Master dari Propinsi telah diserahkan oleh KASI PAKIS Kemenag Kota Surakarta dan diterima oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Surakarta. Tugas Kementerian Agama adalah menyusun soal dan perangkatnya, sedangkan untuk penggandaan, pengamanan dan pendistribusian soal diserahkan sepenuhnya kepada Dinas Pendidikan Kota Surakarta.

“Pelaksanaan USBN PAI SD,SMP dan SMA/SMK ditentukan oleh POS. Semua Pendidikan Agama baik PAI, Kristen, Katolik, Hindhu maupun Budha melaksanakan USBN yang dikoordinadikan dengan Dirjennya masing- masing. Untuk Pendidikan Agama Islam dikoordinasikan dengan Dirjen Pendidikan Islam (Pendis),” imbuh Zarkasi.

Untuk Provinsi Jawa Tengah telah disepakati bahwa USBN PAI SMP akan dilaksanakan tanggal 16 April 2018 dan pelaksanaan USBN PAI SD tanggal 11 Mei 2018. Zarkasi juga mengingatkan kepada Guru-guru PAI melalui perwakilan pengurus KKG PAI SD dan MGMP PAI SMP agar segera melaporkan hasil USBN secara periodik berupa nilai murni USBN PAI baik ujian tertulis maupun ujian praktek setelah pelaksanaan USBN PAI.

Kabid SMP Dinas Pendidikan yang diwakili oleh KASI SMP Drs.Waliyono,M.Pd. dalam kesempatan Rakor USBN PAI SD dan SMP ini menjelaskan secara detail tentang mekanisme penggandaan, sistem pengamanan dan pendistribusian Naskah Soal USBN PAI.

“Untuk naskah soal USBN PAI SMP sudah siap sedangkan untuk SD sedang diproses oleh KABID SD Dinas Pendidikan Kota Surakarta,” jelas Waliyono.

Kehadiran dari perwakilan Dinas Pendidikan Kota ini dapat memberikan kejelasan dan pencerahan terkait pelaksabaan USBN PAI SD dan SMP bagi sekolah – sekolah di wilayah Kota Surakarta. (rma/Wul)