Jemaah DIY Mulai Diberangkatkan ke Tanah Suci

Boyolali – Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo yang bertempat di Asrama Haji Donohudan Boyolali menampung calon jemaah haji (CJH) dari Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Pada awal operasional masa pemberangkatan kedatangan jemaah didominasi dari CJH Jateng, baru memasuki hari kesebelas giliran CJH dari DIY masuk asrama, CJH DIY yang seluruhnya berjumlah 2,474 menurut jadwal diberangkatkan mulai Rabu (17/08) hingga Jumat (19/08).

Menurut Sekretaris Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo Noor Badi menyebutkan CJH DIY yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 23 sampai dengan kloter 29 mulai Selasa malam (16/08) masuk Asrama Haji Donohudan. “Sebanyak 7 kloter CJH dari Provinsi DIY berangsur-angsur masuk asrama sejak Selasa malam (16/08) dan mulai diterbangkan menuju tanah suci pada Rabu malam, (17/08),” urai Noor Badi saat memberikan keterangan di Gedung Muzdalifah dalam prosesi pelepasan CJH kloter 24, Rabu (17/08).

Kloter 23 yang berasal dari Kota Yogyakarta dan Kabupaten Sleman telah diberangkatkan pada Rabu (17/08), tinggal landas pada pukul 23:51 WIB menggunakan pesawat Garuda dengan membawa penumpang sebanyak 360 CJH, seluruh proses mulai dari persiapan hingga tinggal landas berjalan lancar dan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. “Sebanyak 355 jemaah CJH dari Kota Yogyakarta dan Kabupaten Sleman yang tergabung dalam kloter 23 terdiri dari 355 jemaah dan 5 petugas kloter pada Rabu pukul 23:51 WIB telah diberangkatkan menuju Tanah Suci dengan menggunakan pesawat Garuda GA 6306. dan menurut jadwal pagi ini pukul 07:45 WAS telah mendarat di Bandar Udara Internasional Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMMA) Madinah,” jelasnya.

Sedangkan untuk kloter 24 yang berasal dari Kabupaten Bantul dan Kabupaten Sleman saat ini sedang dalam proses pemberangkatan, rencananya akan tinggal landas pada pukul 09:40 WIB menggunakan pesawat Garuda dengan membawa penumpang sebanyak 360 CJH. “Saat ini sebanyak 355 jemaah CJH dari Kabupaten Bantul dan Kabupaten Sleman yang tergabung dalam kloter 24 terdiri, sedang mengikuti prosesi pelepasan, semoga semuanya dapat berjalan lancar sehingga menurut jadwal kloter 24 akan lepas landas pada pukul 09:40 WIB,” lanjutnya.

Menurut data yang telah dihimpun setidaknya ada 10 jemaah asal DIY yang dinyatakan sakit saat pemeriksaan oleh bidang kesehatan dan tengah dirawat di rumah sakit. “Berdasarkan data dari bidang kesehatan, ada 7 orang jemaah asal DIY yang tengah dirawat di rumah sakit, 7 dirawat di RS. Moewardi dan 3 dirawat di RS. TNI AU, harapannya kesehatan mereka segera membaik, sehingga dapat diberangkatkan sesuai dengan kloternya,” harapnya.

Info Haji Terkini

Sampai dengan saat ini Embarkasi Solo telah menerima CJH sebanyak 27 Kloter = 9,700 jemaah, telah memberangkatkan CJH ke Tanah Suci sebanyak 24 Kloter = 8,585 jemaah, adapun yang sudah tiba di Tanah Suci sebanyak 23 Kloter = 8,225 jemaah. Untuk CJH sakit sebanyak 12 jemaah, 9 dirawat di RS. Moewardi dan 3 dirawat di RS. TNI AU dan wafat 1 orang dari kloter 18 asal Kabupaten Wonogiri. 

Untuk update informasi haji terkini pada Embarkasi Solo dapat dilihat melalui link berikut Info Terkini Haji 2016 (gt/gt)