Jemaah Haji DIY Mulai Kembali ke Tanah Air

Boyolali – Sebanyak 7 kelompok terbang (kloter) dari Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mulai hari ini Selasa (27/09) tiba di Tanah Air melalui Debarkasi Solo. Sekretaris Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Solo Noor Badi menjelaskan bahwa jemaah haji DIY pada saat diberangkatkan berjumlah 2,480 dan mulai Selasa dini hari (27/09) telah mendarat di Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo Boyolali pada pukul 04:12 WIB.

“Jumlah jemaah haji DIY yang telah diberangkatkan ke Tanah Suci sebanyak 2,445 jemaah dan 35 petugas terbagi dalam 7 kloter, sesuai jadwal jemaah haji DIY mulai tiba diawali kloter 23 hari ini Selasa (27/09) secara berurutan dan diakhiri kloter 29 yang akan tiba pada Kamis (29/09),” jelas Noor Badi saat dikonfirmasi terkait kedatangan jemaah haji DIY diruang kerjanya Debarkasi Solo, Selasa (27/09).

Kloter 23 pada saat diberangkatkan berjumlah 360 jemaah namun karena ada mutasi keluar 2 jemaah maka pada saat kepulangan berjumlah 358 jemaah, sedang kloter 24 saat diberangkatkan berjumlah 360 karena ada mutasi keluar 3 jemaah maka saat kepulangan berjumlah 357 jemaah

“Pada kloter 23 ada 2 jemaah yang mutasi keluar atas nama SAMIYEM BINTI KARTODIMEDJO karena kembali ke kloter 16 dan SUHARDJILAH DJAELANI sedang menjalani perawatan di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) karena sakit sehingga pada saat kembali ke Debarkasi hanya berjumlah 358 jemaah, sedang kloter 24 ada 3 mutasi keluar atas nama PARTINI KARTO PAWIRO sedang menjalani perawatan di RS. An Nur karena sakit, SUYAMI ADI SUDARNA sedang menjalani perawatan di RS. KAA karena sakit, dan DJUMIRAH KARTO TEMON karena wafat di Tanah Suci sehingga pada saat kembali ke Debarkasi hanya berjumlah 357,” lanjutnya.

Sementara untuk kloter 25 berasal dari Kabupaten Sleman saat ini sedang dalam perjalanan dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA 6507 menurut jadwal rencananya akan tiba pada pukul 19:40 WIB dengan membawa sebanyak 356 jemaah.

“Untuk hari ini kedatangan akan ditutup oleh kloter 25 dari Kabupaten Sleman yang menurut informasi dari laman situs Garuda Indonesia saat ini sedang dalam perjalanan menuju Bandara Adi Soemarmo, dan rencananya akan mendarat pada pukul 19:40 WIB, untuk selanjutnya dibawa menuju Asrama Haji Donohudan untuk dilakukan acara penyambutan sekaligus penyerahan kepada petugas daerah Kabupaten Sleman,” pungkasnya. (gt/gt)