Jemaah Haji Jadilah Teladan bagi Masyarakat Sekitar

Purbalingga – Jemaah haji harus menjadi contoh yang baik di tengah masyarakat. Karena spirit ibadah haji adalah menjadi manusia yang lebih baik, semakin bertaqwa dan mampu mengibarkan nilai-nilai ketaqwaan di masyarakat. Hal tersebut disampaikan Plt. Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi dalam acara Penerimaan Jemaah Haji Purbalingga Tahun 1440 H/ 2018 M di Pendopo Dipokusumo, Selasa (02/10).

Menurut Tiwi Jemaah Haji Purbalingga saat ini merupakan aset daerah. Ia berharap sepulang dari Tanah Suci, Jemaah Haji dapat membantu Pemerintah Kabupaten mewujudkan masyarakat  yang berakhlakul karimah dan mewujudkan Purbalingga yang baldatun  thoyyibatun wa robbun ghofuur. Selain itu Tiwi juga menghimbau Jemaah Haji agar dapat menjaga kemabruran hajinya.

Tiwi juga berterimakasih kepada seluruh pihak yang telah bekerja sama dalam penyelenggaraan ibadah haji bagi umat Islam Purbalingga.

“Kepada Ketua IPHI, sejumlah 554 Jemaah Haji Purbalingga saya serahkan. Terimakasih juga kepada Kepala Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga selaku Ketua Panitia Penyelenggara yang telah melayani para jemaah sejak pendaftaran hingga pemulangan. Juga kepada TPHD dan TKHD yang telah membantu jemaah di Tanah Suci. Semoga dicatat sebagai amal dan memperoleh balasan terbaik  dari Allah SWT,” ucap Tiwi.

Kepala Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga, Karsono saat dihubungi menyampaikan rasa syukur dan turut berbahagia atas kepulangan Jemaah Haji Purbalingga .

“Kami bersyukur dan turut bahagia atas kepulangan Jemaah Haji Purbalingga. Semoga diberi kemudahan untuk melestarikan kemabruran hajinya. Kepada dua jemaah yang meninggal di Tanah Suci semoga husnul hotimah. Sedangkan kepada jemaah yang masih dirawat di rumah sakit semoga segera diberikan kesembuhan. Kami juga mohon maaf apabila dalam pelayanan penyelenggaraan ibadah haji ada yang kurang berkenan,” tutur Karsono.

Hikmah Ibadah Haji

Dalam tausiyahnya, K.H. Sahmad menguraikan hikmah ibadah haji. Menurutnya ada 3 komponen yang melekat dalam ibadah haji. Yakni ibadah badaniyah, ibadah maaliyah dan ibadah qolbiyah.

” Hikmah ibadah haji adalah wujud penyerahan diri kepada Allah SWT. Allah akan mencukupi semua kebutuhan makhluk-Nya yang bertawakkal kepada-Nya,” ungkapnya. (sar/gt)