Jemaah Haji Kloter 19 dan Kloter 20 Tiba di Temanggung

Temanggung – Rombongan jemaah haji Kabupaten Temanggung yang tergabung dalam kloter 19 sejumlah 133 dan 20 yang berjumlah 352 embarkasi Solo, Ahad (2/9) kemarin kembali tiba di Kabupaten Temanggung. Rombongan haji berjumlah 485 jemaah disambut langsung Bupati Temanggung yang diwakili oleh Pejabat Sekretaris Daerah, H. Suyono, MM, bersama FKPD di Pendopo Pengayoman Temanggung.

Suyono menyampaikan selamat datang kepada jemaah haji kloter 19 dan 20 yang kembali ke daerah dengan kondisi sehat, dan bisa kembali berkumpul dengan keluarga. Ibadah haji yang telah dilaksanakan, dikatakannya melengkapi kesempurnaan dari ibadah-ibadah lainnya. Di mana melalui ibadah haji, para jemaah menyaksikan keagungan Allah SWT. “Saya menyampaikan selamat datang kepada jemaah haji Kabupaten Temanggung,” ucap Suyono.

Semangat beribadah setelah melaksanakan ibadah haji tentu harus semakin meningkat. Sehingga ditanah air diharapkan semangatnya untuk memakmurkan masjid sama dengan semangat shalat berjemaah di tanah suci. Selalu menjadi contoh bagi seluruh masyarakat dalam memakmurkan masjid. “Mari kita bersama-sama terus bersemangat memakmurkan masjid seperti shalat berjemaah di tanah suci,” ungkapnya.

Memelihara nilai-nilai haji mabrur diharapkan dapat terus dirawat, dipelihara hingga akhir hayat. Menjaga predikat haji mabrur dengan harapan pada akhir hayat Husnul Khotimah, meninggal dunia dalam keadaan taat kepada Allah SWT.

Suyono juga merasa sangat bersyukur atas segala kenikmatan yang dianugrahkan Allah SWT kepada semua jemaah Haji. Kepada Panitia, Tim Pemandu Ibadah Haji (TPHI) serta semua pihak dan dinas instansi yang terkait, Pejabat Sekretaris Daerah menyampaikan apresiasi yang setinggi tingginya atas keberhasilan semua pihak dalam melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab.

Setelah resmi disambut pejabat Sekretaris Daerah, rombongan jemaah haji langsung diserahkan kepada keluarga masing-masing.

Sementara Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung yang diwakili oleh Kepala Subbag TU, Drs.H. Yusuf Purwanto, M.Ag menjelaskan, jemaah Haji asal Kabupaten Temanggung  yang tergabung pada kloter 19 alhamdulillah utuh selamat sampai Kabupaten Temanggung.  Sedangkan untuk Kloter 20 yang semula berjumlah 353 ada yang meninggal di Mekkah satu orang atas nama Isyono, Tempelsari, Tretep.

Yusuf Purwanto, juga menghimbau keluarga jemaah Haji yang meninggal dunia agar tetap tabah dan sabar menerima cobaan dan senantiasa mendo’akan agar mendapat tempat yang mulia di sisi Allah SWT.

“Untuk pengambilan tas koper bisa dilayanai hari Senin (3/9) pada pukul 08.00 – 16.00 dengan membawa foto copy identitas pengambil, dan surat undangan,” jelasnya.(sr/sua)