Jum’at Bersih sebagai Program Rutin Madrasah

Slawi – Kebersihan, kenyamanan dan keindahan lingkungan merupakan hal yang tak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Hal tersebut merupakan sarana utama yang harus diperhatikan bagi berhasilnya proses belajar mengajar di madrasah.

Berangkat dari hal tersebut, Siti Zuhro selaku kepala tata usaha MTs Negeri Slawi beserta segenap staf, rutin melaksanakan kegiatan Jum’at bersih setiap minggunya. Hal tersebut sebagai perwujudan dari arahan kepala madrasah, terutama berkaitan dengan standar pelayanan minimum terhadap seluruh warga madrasah.

“Sebagai perwujudan dari apa yang telah disampaikan oleh bapak kepala madrasah, berkaitan dengan pelayanan kami terhadap siswa juga segenap warga madrasah. Perwujudannya dengan kerja bakti atau Jum’at Bersih. Dimana kegiatan ini sudah menjadi rutinitas dari program madrasah,” ucap Zuhro saat ditemui di area kerja bakti, Jum’at (13/10).

Selain terwujudnya kebersihan, kenyamanan dan keindahan di lingkungan madrasah, kegiatan tersebut kiranya dapat menambah keharmonisan hubungan antar sesama jajaran staf tata usaha.

“Diharapkan dari kegiatan seperti ini bermanfaat untuk menjalin keharmonisan juga di jajaran kami di tata usaha. Manfaat  lain tentunya dengan lingkungan madrasah yang bersih, diharapkan anak didik kami merasakan kenyamanan dalam pembelajaran.” pungkasnya.

Saat ditemui kembali di ruang kerjanya, Sabtu (14/10) Siti Zuhro meceritakan dampak dari kegiatan tersebut setidaknya sudah mulai terasa. Yakni dengan diraihnya Juara Ke-III (tiga) Lomba K3 Tingkat Kecamatan Se-Kabupaten Tegal Tahun 2017.

“Kami bersyukur sekali, bahwa kegiatan Jum’at Bersih selain tujuan utamanya guna terwujudnya kebersihan, kenyamanan dan keindahan di lingkungan madrasah. Ternyata ada imbalan lain yang kami peroleh. Yaitu Juara Ke-III (tiga) Lomba K3 Tingkat Kecamatan Se-Kabupaten Tegal Tahun 2017,” bangganya.

Untuk diketahui, MTs Negeri Slawi telah mengikuti Lomba K3 (Kebersihan, Keteduhan, dan Keindahan) Tingkat kabupaten Tegal Tahun 2017, yang diadakan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Tegal tanggal 26-30 Agustus 2017. (akb/za/rf)