Jumat Legi, ASN Kankemenag Lakukan WA

Pemalang – Lantunan ayat suci Al-Quran terdengar menggema di lantai dua Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pemalang. Di hari Jumat (17/11) Legi seusai sholat Ashar sudah menjadi agenda rutin ASN jajaran Kankemenag untuk melaksanakan tadarus/waosan Al-Quran (WA).

Tadarus Al-Quran juga diikuti oleh Kepala KUA, Kepala Madrasah Negeri, Pengawas Pendidikan, dan Penyuluh Agama Islam PNS se-Kabupaten Pemalang. Tak ketinggalan pensiunan PNS Kemenag turut mengikuti kegiatan.

Kepala Kankemenag Taufik Rahman menyebut kegiatan ini sebagai sarana untuk menyambung tali silaturahmi. “Dari awal saya mengharapkan ada sarana untuk tempat silaturahmi antar ASN Kemenag juga dengan pensiunan. Kegiatan khataman kubro setiap Jumat Legi menjadi sarananya, selain itu kita juga bersama-sama membaca Al-Quran, InsyaAllah penuh keberkahan,” tutur Taufik.

Setiap ASN membaca 1 juz Al-Quran sehingga selesai tadarus dilaksanakan khataman Al-Quran yang dipimpin oleh Ustadz Edi Zainudin Al-Hafidz selaku guru MTs. Seusai khataman, dilanjutkan pembacaan sholawat ulama, istighosah yang dipimpin oleh Penyuluh Agama Islam diakhiri dengan tahlil dan doa yang dipimpin oleh Rofiqul A’la, Pengawas Madrasah.

Kegiatan dilanjutkan dengan pembinaan mental oleh Kepala Kankemenag. Taufik mengingatkan kepada Pejabat Eselon IV yang pada siang hari telah dilantik dan diambil sumpah untuk melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya. Dia juga menjelaskan tentang tiga tipe kepemimpinan.

“Ada tiga tipe kepemimpinan yaitu otoriter, pemimpin yang memaksakan kehendaknya. Tipe kedua adalah permisif, pemimpin yang membebaskan segala sesuatu, tidak tegas. Dan tipe yang terakhir adalah tipe demokratis, tipe yang paling baik dan sesuai untuk diterapkan,” jelas Taufik. Acara khataman kubro dan pembinaan mental diakhiri dengan makan nasi tumpeng bersama. (fi/rf)