Jurnalis Kemenag : Penyampai Berita Mulia

Semarang (Kristen) – Kantor Wilayah Kementerian Agama  Provinsi Jawa Tengah melalui Subbag Informasi dan Humas  telah menunjuk koordinator atau kontributor berita di masing-masing Kemenag Kab/Kota. Hal ini bermula dari keprihatinan atas peringkat  website di Jawa Tengah sangat rendah  dari provinsi lain , yang notabene SDM ASN yang ada di Jawa Tengah lebih memadai. Untuk itu Kakanwil Kemenag Prov. Jateng Farhani,  melakukan pengecekan ke sejumlah kontribusi berita dari masing-masing daerah yang masih dibawah target.

“Persoalan jurnalistik merupakan hal yang sangat dinamis dan menurut saya sangat besar manfaatnya” kata Farhani, saat memulai paparan pada Workshop Jurnalis Kehumasan, Kamis (02/03) di Hotel Grasia, Semarang.

Lanjutnya, kata Farhani, perbaikan kualitas jurnalis ini bisa diperoleh apabila ada perubahan pola pikir dan budaya kerja (kinerja). Perubahan pola pikir yang dimaksud adalah memahami eksistensi tugas dan fungsi Kemenag yang sangat mulia dari mulai pemahaman keagamaan, kerukunan umat beragama, pelayanan haji, pendidikan sampai dengan tata kelola keagamaan. Misi tersebut perlu disampaikan kepada masyarakat karena tugas Kemenag itu merupakan tugas yang mulia.

Sedangkan perubahan budaya kerja (kinerja) yang dimaksud bahwa selama ini masyarakat memandang Kemenag dengan sebelah mata atau bahkan memandang dengan sinis. Padahal sejatinya Kemenag merupakan instansi terbaik kedua dari seluruh Kementerian/Lembaga yang ada di negara ini.

Dengan perubahan cara pandang tersebut diharapkan jurnalis bisa menjadi tim kreatif yang menangani masalah-masalah sosial dengan membangun opini positif yang kemudian berkembang menjadi image yang positif pula terhadap kemenag. Yang pada akhirnya tercipta citra kemenag yang baik dan tidak membingungkan umat.(dina/rf).