Ka. Kankemenag Ajak Masyarakat Bersedekah

Pemalang – Kepala Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Pemalang, Rabu siang ini (7/6) melaksanakan sholat Zhuhur berjamaah bersama masyarakat di Masjid Baiturrohim Desa Wangkelang, Kecamatan Moga. Camat, Danramil, Kapolsek, Kepala KUA Kecamatan Moga bersama jajarannya turut mengikuti kegiatan.

Sholat Zhuhur dilaksanakan di masjid yang sedang dalam tahap penyelesaian pembangunan. Menurut penuturan Takmir masjid dalam sambutannya, Masjid Baiturrohim telah dibangun sejak tiga tahun lalu dan hingga kini belum selesai. Pembangunan sebagian besar sedekah warga Wangkelang. Ia berharap dengan datangnya Kepala Kankemenag bisa membuka jalan jariyah dari pintu-pintu lainnya.

Taufik Rahman selaku Kepala Kankemenag menyatakan bahwa tidak ada pembangunan masjid yang tidak selesai meskipun tidak dibantu Pemerintah. Ia turut menghimbau masyarakat Wangkelang untuk mambantu menyelesaikan pembangunan masjid.

“Kegiatan masyarakat, kegiatan keagamaan tidak bisa semuanya dibiayai Pemerintah. Yang utama adalah peran serta masyarakat, Pemerintah hanya sekedar mendorong, memberikan stimulan,” ujar Taufik.

“Peran masyarakat bisa melalui jariyah, sodaqoh, dan zakat. Karena masjid ini ditengah-tengah masyarakat Wangkelang ya disengkuyung bersama,” imbuhnya.

Taufik juga mengingatkan untuk memakmurkan masjid yang telah dibangun. “Yang perlu dipikirkan adalah upaya untuk memakmurkan masjid. Sering kita temui saat sholat Zhuhur hanya sedikit orang yang ikut berjamaah. Jangan hanya sedekahnya saja yang giat tapi sholat berjamaah di masjid jarang,” katanya.

Selanjutnya Taufik menyerahkan bantuan uang tunai sebesar Rp2 juta untuk Masjid Baiturrohim. Ia bersama Muspika juga menyerahkan bantuan untuk 33 orang mustahik dari Kecamatan Moga. Masing-masing menerima bantuan uang tunai sebesar Rp250 ribu.
Dikatakan Taufik, pemberian bantuan dalam rangka mewujudkan sila kelima Pancasila, keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Bantuan tersebut berasal dari zakat profesi ASN dilingkungan Kemenag Kabupaten Pemalang. (fi/rf)