Kabag TU Kanwil Jateng Pantau KSM Jenjang MTs di Salatiga

Salatiga — Pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Kab/ Kota se- Jawa Tengah dilaksanakan secara serentak  pada tanggal 21-23 Agustus 2021. KSM dilaksanakan secara berjenjang mulai dari tingkat satuan pendidikan, kabupaten/kota, provinsi, hingga tingkat nasional, dalam bentuk tes berbasis komputer. Dilaksanakan secara online pada web yang telah disiapkan oleh pusat, KSM Tingkat Kota Salatiga diikuti oleh 26 siswa MI, 12 siswa MTs, dan 10 siswa MA. Pelaksanaan KSM jenjang MA dilaksanakan  di MAN Salatiga, jenjang MTs dan MI dlaksanakan di MTs N Salatiga. Sesuai dengan tema KSM tahun ini yaitu Integrasi sains dan Islam menuju madrasah mandiri dan berprestasi, soal-soal yang dilombakan bermuatan sains dan nilai-nilai keislaman.

Pada hari kedua pelaksanaan KSM, dilaksanakan KSM jenjang MTs di MTsN Salatiga, Minggu (22/09). Hadir meninjau langsung pelaksanaan KSM, Kabag TU Kanwil Kemenag Provinsi Jateng, H. Fajar Adhy Nugroho beserta Kasi Kurikulum dan Kesiswaan Bidang Penma H. Juair. Kepala Kankemenag Kota Salatiga, H. Taufiqur Rahman tampak mendampingi bersama dengan Kasi Pendma H. M. Miftah, Kepala MTsN Salatiga, H. Mudlofir dan Ka TU H. Mustaghfirin.

Pada kesempatan tersebut, Kabag TU Kanwil menyampaikan bahwa madrasah harus terus berinovasi. “Madrasah untuk selalu melakukan inovasi-inovasi demi kemajuan prestasi madrasah. Inovasi yg dilakukan tidak hanya bagi madrasah dan guru akan tetapi semua komponen harus dilibatkan dalam melakukan ivonasi tersebut” jelas Fajar.

Sementara itu Kasi Pendidikan Madrasah, M.Miftah menjelaskan bahwa KSM tahun 2021 ini, perwakilan peserta yang maju tingkat kota adalah 1 siswa per mata pelajaran hasil seleksi KSM tingkat satuan pendidikan. Mata pelajaran yang di ujikan jenjang MI : Matematika terintegrasi, Sains IPA terintegrasi, jenjang MTs : IPA terintegrasi,  Matematika terintegrasi, IPS terpadu, untuk jenjang MA : Matematika terintegrasi, Kimia terintegrasi, Fisika terintegrasi, Biologi terintegrasi, Ekonomi terintegrasi, Geografi terintegrasi.

Terkait pelaksanaan KSM, Kakankemenag memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas kerjasama yang baik dan produktif dari semua pihak dalam mengawal KSM 2021 Tingkat Kota Salatiga. Semoga lancar dan Kota Salatiga dapat mengirimkan peserta terbaik untuk maju ke tingkat Provinsi.” Harap Taufiq.(Humas/Fitri-Eny)