Kakankemenag Beberkan Kunci Kebahagiaan

Pemalang – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pemalang bersama jajarannya melaksanakan safari sholat Jumat di Masjid Al Hidayah Desa Wonogiri Kecamatan Ampelgading Kabupaten Pemalang, Jumat (1/3).

Kegiatan diikuti oleh Camat Ampelgading, pimpinan BAZNAS Kabupaten Pemalang, Kapolsek, Danramil, dan Kepala KUA Kecamatan Ampelgading. Kapolsek Ampelgading, AKP Imam Khanapi pada kesempatan ini bertindak sebagai khatib.

“Alhamdulillah menurut informasi dari Pangdam IV Diponegoro saat pembukaan TMMD kemarin, Pemalang dalam hal kriminal, terorisme, radikalisme, Pemalang dalam jalur hijau, artinya aman. Nah pada kegiatan sholat Jumat kali ini banyak polisi dan tentara yang hadir bukan berarti di Desa Wonogiri tidak aman, tapi dalam rangka mendekatkan diri kepada masyarakat.”

Demikian pembukaan sambutan dari Kepala Kankemenag, Taufik Rahman seusai sholat Jumat. Selanjutnya dia menyampaikan empat kunci kebahagiaan sebagaimana disebutkan dalam kitabĀ  tanbilul ghafilin.

“Kunci kebahagiaan yang pertama adalah punya istri yang salihah atau sebaliknya. Seorang suami mempunyai kewajiban untuk menafkahi istri dan anak-anaknya. Kemudian jika seorang istri melakukan dosa misalnya tidak melaksanakan sholat wajib maka seorang suami juga akan terkena dosanya. Oleh karena itu kita harus membimbing agar istri kita salih,” katanya.

Kunci kebahagiaan yang kedua adalah mempunyai anak yang salih/salihah. Dia menghimbau untuk mendidik anak supaya menjadi anak yang salih. Anak hendaknya disekolahkan di madrasah, TPQ, pondok pesantren agar ilmu agamanya kuat. Itu adalah salah satu ikhtiar orang tua dalam membentuk anak yang salih.

Kunci yang ketiga adalah mencari rezeki di tanah air sendiri. Agar nyaman dalam mencari rezeki di daerah sendiri maka harus menjaga keamanan lingkungan. Dan kunci kebahagiaan yang keempat adalah berteman dengan orang-orang salih. Semoga dengan berteman dengan orang salih akan tetap menjaga keimanan dan ketakwaan kita.

Sementara itu AKP. Imam Khanapi dalam khutbahnya mengajak jamaah sholat Jumat dan masyarakat untuk menyukseskan agenda pilpres dan pileg. Masyarakat diharapkan turut menjaga keamanan, ketertiban, dan kondusivitas lingkungannya. Semoga bisa mendapatkan pemimpin yang baik dan amanah untuk mewujudkan negara yang baldatun thayyibatun warabbun ghafur. (fi/rf)