Kepala Kantor Kementeian Agama Kabupaetn Boyolali memantau secara langsung kegiatan Vaksinasi Covid -19 bagi pesantren di Kabupaten Boyolali

Kakankemenag Boyolali Pantau Langsung Vaksinasi Covid-19 di Pesantren Dawar

Boyolali – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Boyolali Hanif Hanani didampingi Kasi Pakis Jindar Wahyudi memantau langsung kegiatan Vaksinasi Covid-19 di Pesantren Dawar Boyolali pada Rabu (1/9). Kegiatan vaksinasi covid -19 bagi pesantren di jawa tengah sedianya akan dilaksanakn serentak pada kamis (02/09), namun karena Dinas Kesehatan Kabupaten Boyolali memiliki beberapa agenda yang bebarengan pada kamis tersebut, kegiatan vaksinasi covid-19 bagi pondok pesantren di kabupaten boyolali dilaskanakan pada selasa dan rabu.

Kegiatan vaksinasi ini merupakan Kerjasama antara Dinas Kesehatan Pemkab Boyolali dengan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Boyolali. Selain Kepala Kankemenag Kab. Boyolali dan Kasi Pakis Kankemenag Boyolali yang hadir pada kegiatan Vaksinasi Covid-19 tersebut, hadir pula Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Boyolali Insan Adi Asmono. 

Dalam sambutanya Hanif Hanani berharap kegiatan Vaksinasi Covid-19 di Pesantren Dawar sebagai ikhtiyar lahir untuk segera keluar dari Pandemi Covid-19 khususnya di lingkungan pesantren dan masyarakat di sekitar pondok pesantren.

“Kami menyambut baik kegiatan vaksinasi covid-19 di  pondok pesantren ini bisa dimulai di Pesantren Dawar. Untuk itu, atas nama dinas Kami mengucapkan terimakasih kepada Dinas Kesehatan Pemkab Boyolali dan Kyai Lukman pengasuh Pesantren Dawar yang telah memulai kegiatan vaksin covid-19 untuk para santri dan masyarakat sekitar pondok pesantren. Kita berharap kegiatan vaksinasi di pondok pesantren dapat mendukung program vaksinasi pemerintah bisa komunal bisa mencapai 70 persen pada akhir tahun 2021 nanti,” ujar Hanif.

Kegiatan vaksinasi Covid-19 di pondok pesantren merupakan arahan dari Bapak Menteri Agama Republik Indonesia dan untuk Boyolali ada sekitar  3986 kyai, ustadz, dan santri yang menunggu giliran untuk dilakukan kegiatan Vaksinasi Covid-19 yang tersebar di 22 pondok pesantren. Di Pesantren Dawar saat ini ada sekitar 1140 dosis jenis Moderna dan Sinovac yang diberikan kepada para santri, kyai, ustadz dan masyarakat sekitar pondok pesantren dawar. Pemberian vaksin tersebut  dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 31 Agustus – 01 September 2021.    

Sementara itu, Pengasuh Pesantren Dawar Kyai Lukman, mengucap syukur dan terima kasih kepada Dinas Kesehatan dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Boyolali  yang telah mengadakan vaksinasi massal bagi santri di Pondok Pesantren Dawar dan masyarakat sekitar. Kyai Lukman yang pernah nyantri di Pondok Pesantren Lirboyo Kediri ini berharap semoga Vaksinasi bagi santri dapat menambah kekuatan imun tubuh para santri sebagai elemen terpenting bangsa dan calon-calon pemimpin masa depan.

“Saya merasa senang pesantren kami dipilih sebagai lokasi vaksinasi bagi kalangan santri apalagi Bapak Kepala Kankemenag Boyolali dan Plt Kepala Dinas Kesehatan Pemkab Boyolali dapat hadir dan memantau langsung kegiatan vaksinasi Covid-19 di pesantren kami. Kami berharap kegiatan Vaksinasi Covid-19 di pesantren sebagai bagian dari ikhtiar agar penyebaran Covid-19 dapat ditekan. Jika seluruh masyarakat Indonesia sadar pentingnya ikhtiar dan doa, serta melakukan Protokol Kesehatan dengan benar, Insya Allah Pandemi Covid-19 akan segera berakhir,” tuturnya. (hd/Zoelva/Jaim/rf)