Kakankemenag Hadiri Hakteknas di Unisnu Jepara

Jepara – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jepara, Nor Rosyid, menghadiri Peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) yang diselenggarakan oleh Universitas Islam Nahdlatul Ulama (Unisnu) Jepara bekerja sama dengan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Jepara di gedung MWC NU Tahunan Komplek Unisnu Jepara, Selasa (27/11).

Peringatan Hakteknas yang pada tahun ini mengangkat tema Inovasi untuk Kemandirian Pangan dan Energi” diisi dengan Pengumuman Hasil Lomba Krenova, Lomba Karya Ilmiah Inovatif Pelajar 2018 Lomba Roket Air dan juga orasi ilmiah yang disampaikan oleh Presiden gong perdamaian Dr. Djuyoto Suntani.

Tidak hanya Kakankemenag, kegiatan ini juga dihadiri oleh Bupati Jepara, Ahmad Marzuki, beserta segenap jajaran Forkopinda, Rektor Unisnu Jepara, Dr. Sa’dullah Assa’idi, M.Ag dan juga pejabat struktural Unisnu Jepara.

Rektor Unisnu Jepara dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Bappeda Kabupaten Jepara yang telah percaya kepada Unisnu Jepara untuk bekerja sama dalam mensukseskan acara peringatan Hakteknas 2018.

“Peringatan Hakteknas ini sudah selayaknya bisa dijadikan momen untuk terus mengembangkan inovasi. Karya-karya yang dipamerkan di sini adalah contoh dari pengembangan inovasi, kita harus bangga dan ikut mendukung pengembangan inovasi karya-karya putra daerah.” Ujar Dr. Sa’dullah.

Sementara itu Bupati Jepara menyampaikan agar tidak alergi dengan teknologi dan tenaga kerja asing. Banyak negara maju yang pada awalnya menggunakan tenaga asing dan belajar banyak dari mereka.

“Salah satu cara untuk mengembangkan teknologi dan inovasi adalah dengan mempersiapkan sumber daya manusia. Banyak negara maju yang menyekolahkan sumber daya manusianya ke luar negeri, setelah mereka lulus ditarik dan diberdayakan untuk memajukan negaranya, sehingga sedikit demi sedikit tenaga kerja asing bisa tergantikan” ujar Bupati Jepara.

Peringatan Hakteknas 2018 juga dimeriahkan oleh stand pameran hasil teknologi dan inovasi Unisnu. Hampir semua program studi, juga Unit dan Lembaga yang ada di Unisnu turut menampilkan hasil Inovasi mereka, baik dalam bentuk sains, teknologi, produk makanan, maupun produk yang berbasis seni dan budaya. (fm/bd)