Kakankemenag Mantapkan Karu-Karom Yang Dampingi Jamaah Calon Haji

Jepara –  Kementerian Agama Kabupaten Jepara dalam hal ini Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh menggelar Rapat Pemantapan Ketua Regu (Karu) dan Ketua Rombongan (Karom) Calon Jamaah Haji Kabupaten Jepara Tahun 2018 M / 1439 H di Aula 2 Kemenag Jepara, Selasa (09/07).

Hadir dalam kesempatan ini seluruh Ketua Regu dan Ketua Rombongan dari seluruh KBIH yang ada di Jepara, serta petugas Kloter dan petugas kesehatan yang nantinya akan mendampingi jamaah haji di tanah suci.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jepara, Nor Rosyid, dalam sambutan pembukaannya menyampaikan, Sebanyak 139 Ketua Regu dan Ketua Rombongan Jamaah Calon Haji (CJH) di Kabupaten Jepara menjalani pemantapan dan pembekalan supaya bisa memimpin jamaah menjalani prosesi haji. Dengan demikian, diharapkan seluruh jamaah dapat mengikuti rangkaian ibadah haji dengan baik.

“Sebelum berangkat, mereka diberikan pemantapan dan pembekalan. kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menyamakan persepsi untuk menyukseskan pelaksanan ibadah haji pada musim haji tahun 2018,” ujar Nor Rosyid.

Nor Rosyid juga menyampaikan bahwa dari tahun ke tahun pemerintah selalu berupaya meningkatkan kualitas layanan kepada para jamaah haji baik konsumsi, akomodasi, transportasi, layanan kesehatan dan layanan lainnya.

Karu adalah petugas yang dipilih untuk memimpin sepuluh jamaah haji, sedangkan Karom adalah petugas yang dipilih untuk memimpin empat regu. Karu dan Karom bertugas untuk membantu Ketua Kloter, TPHI, TPIHI, TKHI dan TPHD dalam pelayanan.

“Dengan adanya petugas tersebut, kami berharap agar para jamaah dapat menjalankan ibadah dengan nyaman, tertib dan lancar” ujar Nor Rosyid.

Lebih lanjut, Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh, Hastuti Harjati, menyampaikan bahwa, kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari yakni dari tanggal 9-10 Juli 2018 dengan menghadirkan narasumber dari dalam dan luar Kementerian Agama.

Adapun yang hadir yakni dari KBIH berjumlah 139 orang, serta 9 orang TPHD, 8 orang TPHI, 8 orang paramedis, dan 4 orang dokter yang akan mendampingi jamaah haji Kabupaten Jepara di tanah suci. (fm/bd)