Kakankemenag Pastikan Semua Jamaah Calon Haji Siap Berangkat

Boyolali – Kepala kantor Kementerian Agama Kabupaten Jepara, Nor Rosyid, menyambut kedatangan jamaah calon haji Kabupaten Jepara kloter 64 di Asrama Haji Donohudan Solo, Sabtu (04/08).

Nor Rosyid juga memastikan dan menyaksikan langsung pemeriksaan kesehatan atau istitho’ah tahap ketiga jamaah calon haji di kloter 64 atau yang pertama dari kabupaten Jepara yang berjumlah 172 orang.

“Nantinya kami akan ikut menyaksikan dan memastikan semua jamaah calon haji siap berangkat menuju Mekkah. Tidak hanya kesehatan, tetapi juga semua persiapan termasuk administrasi harus lengkap semua. Jangan sampai ada yang tertinggal” ujar Nor Rosyid.

Pemeriksaan kesehatan tahap ketiga adalah pemeriksaan kesehatan saat jamaah calon haji sudah berada di asrama haji dan siap akan berangkat. Saat CJH tiba di asrama mereka akan menjalani pemeriksaan kesehatan untuk memastikan kondisi apakah benar-benar bisa berangkat atau tidak.

Namun jika kondisi mereka sedang sakit, namun sakitnya hanya ringan seperti demam, diare atau masalah tekanan darah biasanya keberangkatan akan diundur tidak bersama kloternya, tapi kloter berikutnya sambil menunggu kondisi stabil.

“Namun jika mereka mengalami penyakit kronis secara mendadak dan memang dokter memastikan pengobatan butuh waktu lama, keberangkatan mereka bisa saja ditunda tahun depan,” imbuhnya.

Nor Rosyid menegaskan, tahap-tahap pemeriksaan kesehatan CJH tersebut sangat penting dan tidak boleh direkayasa. Karena kaitannya dengan kesehatan dan keselamatan mereka sendiri. Pemberian vaksin pada tahap kedua pemeriksaan kesehatan diharuskan sebagai bentuk pencegahan agar mereka tidak tertular penyakit.

“Setelah mereka tiba kembali di Indonesia setelah menjalani jamaah haji, mereka juga akan melalui tahap-tahap pemeriksaan kesehatan untuk memastikan kondisi dan mereka tidak tertular penyakit dari sana,”jelasnya.

Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh, Hastuti Harijati, menyebut setelah kloter 64 yang tiba di Asrama Haji Donohudan pada pukul 06.00 pagi hari ini, selang empat jam akan tiba lagi pukul 10.00 WIB dari kloter 65.

“kloter 65 akan tiba empat jam dari sekarang yakni sekitar jam 10.00 WIB dengan membawa 355 jamaah asal kabupaten Jepara. Lalu sore harinya akan tiba lagi pukul 16.00 dari kloter 66 dengan 355 jamaah juga. Lalu kloter 67 yang juga berjumlah 355 orang dan kloter 68 yang berjumlah 4 orang dari non kelompok bimbingan, akan tiba keesokan harinya pada pukul 09.00 pagi” ujar Hastuti. (fm/bd)