Kakankemenag Salatiga Baca Doa Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2021

Salatiga — Kementerian Agama sebagai instansi vertikal tidak ketinggalan untuk mengikuti upacara Peringatan hari Pahlawan ke 76 tahun 2021, bahkan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga, H. Taufiqur Rahman diberi kepercayaan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Salatiga untuk membaca doa pada peringatan hari bersejarah tersebut.

Upacara dilaksanakan pada hari Rabu, 10 Nopember 2021, di Balaikota Kantor Pemerintah  Kota  Salatiga. Upacara Bendera kali ini peserta sangat terbatas, dengan penerapan protokol Covid-19 yang sangat ketat. Sebagai Inspektur Upacara Walikota Salatiga, Yuliyanto.

Hadir dalam upacara yang penuh hikmat tersebut, para pejabat mulai dari eselon empat sampai eselon dua, para Aparatur Sipil Negara (ASN) dari berbagai instansi di Kota Salatiga, Perwakilan Polri, Tentara Nasional Republik Indonesia,

Pada Upacara yang amat hikmat itu Walikota Salatiga , Yuliyanto membacakan sambutan Menteri Sosial Republik Indonesia Tri Rismaharini “Setiap Hari Pahlawan, kita diingatkan kembali kepada peristiwa pertempuran 10 November 1945 di Surabaya sebagai salah satu momen paling bersejarah dalam mempertahankan  kemerdekaan Indonesia. Pada pertempuran tersebut rakyat bersatu padu, berjuang, pantang menyerah melawan penjajah yang ingin menancapkan kembali kekuasaannya di Indonesia. Peristiwa tersebut mengingatkan kita bahwa kemerdekaan yang kita rasakan saat ini, tidaklah datang begitu saja, namun memerlukan perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa dari para pendahulu negeri. Semangat yang ditunjukkan para pahlawan dan pejuang tersebut hendaknya perlu terus ditumbuhkembangkan di dalam hati sanubari segenap insan Warga Negara Indonesia,” ajak Mensos.

Lebih lanjut Tri Rismaharini  berharap, dengan tema hari Pahlawan 2021 “Pahlawanku Inspirasiku”maka dengan semangat, tekad dan keyakinan pahlawan, harusnya dapat menginspirasi dan menggerakkan kita semua untuk mengemban misi bersejarah “mengalahkan” musuh bersama yang sesungguhnya yakni kemiskinan dan kebodohan dalam arti yang luas.

Selanjutnya Tri Rismaharini  mengajak kita semua melalui peringatan Hari Pahlawan tahun 2021, untuk bersama-sama bahu membahu dengan penuh keikhlasan dan rasa tanggung jawab serta penghormatan atas jasa dan pengorbanan para pahlawan, memberikan kontribusi bagi bangsa dan negara sesuai kemampuan dan profesi masing-masing. 

Seusai Upacara para pejabat dan peserta upacara lainnya melakukan ziarah ke Makam Pahlawan  Dharma yang terletak di pusat Kota Salatiga.(Humas/Khusnul-Fitri)