Kakankemenag Tekankan Madrasah Harus Cakap Teknologi

Blora – Evaluasi Diri Madrasah (EDM) dan Electronic Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah (e-RKAM) merupakan suatu proses penilaian mutu penyelenggaraan pendidikan yang dilakukan oleh pemangku kepentingan di tingkat madrasah berdasarkan indikator-indikator kunci yang mengacu pada 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP).

Melalui EDM, madrasah dapat mengetahui aspek-aspek yang perlu ditingkatkan, serta kekuatan dan kelemahan yang ada di madrasah dapat diidentifikasi. Hasil EDM akan digunakan sebagai bahan untuk menetapkan jenis program dalam penyusunan rencana peningkatan dan pengembangan madrasah yang dituangkan dalam rencana kerja dan anggaran madrasah.

“Oleh karena itu saya pesan kepada Kepala MTs  agar dapat bersinergi khususnya antara kepala dengan bendahara dan operator untuk dapat melakukan pemutakhiran data berbasis digital.” ungkap Kepala Kankemenag Blora

H. Suhadi menambahkan bahwa sinergitas yang kuat dari Madrasah ini diperlukan dalam rangka mendukung program pemerintah EMIS 4.0 untuk revitalisasi dan pengembangan sistem yang lebih baik dengan didukung teknologi yang mutakhir serta beberapa terobosan baru.

Sejalan dengan program tersebut, pria kelahiran Kudus tersebut juga mengingatkan kepada forum bahwa ada lima tantangan isu strategis bagi Madrasah yang harus didukung oleh semua elemen. Seperti aksesibilitas, relevansi, daya saing, kualitas madrasah dan tata kelola madrasah.

Pada acara Pembinaan Kepala MTs yang dilaksanakan masih dalam bulan Syawal 1442 H, maka pada sambutannya, Kepala Kankemenag Kab. Blora turut mengucapkan permohonan maaf atas segala khilaf.

“Karena pada tahun ini tidak diadakan halal bihalal yang dapat membuat kerumunan, atau kontak fisik, maka di forum ini saya mengucapkan Mohon Maaf Lahir dan Batin kepada Bapak, Ibu Kepala MTs atas khilaf saya.” tutur H. Suhadi

Turut hadir dalam acara Pembinaan Kepala MTs se Kabupaten Blora, Kamis (27/5) yang bertempat di MTsN Blora, Kakankemenag didampingi Kasi Pendidikan Madrasah (H. Fathul Himam), Ketua KKM (Hj Adibatus Syarifah), Ketua Pokjawas (H. Sukisno), dan Pengawas Madrasah (Hj. Juwarmi). (nn/ima/rf)