KaKanwil Ajak Pejabat Kemenag Pati Teladani Semangat Mikul Duwur Mendem Jero

Pati – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, Musta’in Ahmad hadir di Kantor Kementerian Agama Kab. Pati pada Kamis siang (10/6/2021). Kehadirannya tersebut dalam rangka Pembinaan dan Monitoring Layanan Haji Kankemenag Kab. Pati.

Dengan memperhatikan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19, pembinaan dihadiri oleh Kakankemenag, para kepala seksi dan penyelenggara serta Humas Kemenag Pati di ruang kerja kepala kantor.

Mengawali sambutannya sebagai tuan rumah, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Pati, Ali Arifin mengucapkan terimakasih kepada Kakanwil Kemenag Prov. Jateng, Musta’in Ahmad yang telah berkenan meluangkan waktu untuk memberikan pembinaan bagi Pejabat Kakankemenag Kab. Pati. Ali Arifin mengucapkan permohonan maaf lahir batin dan memperkenalkan teman teman pejabat Kemenag Pati yang hadir pada kegiatan tersebut.

Ali Arifin juga melaporkan berbagai kegiatan yang dilaksanakan oleh jajarannya dalam meningkatkan moderasi beragama, kualitas keagamaan, meningkatkan pendidikan yang merata, serta meningkatkan tata kelola yang baik untuk menciptakan zona integritas wilayah yang bebas korupsi.

“Revitalisasi KUA juga terus kami dorong dengan memberdayakan penyuluh agama,” terang Ali kepada Kakanwil Prov. Jateng.

Pada akhir sambutannya, Kepala Kemenag Pati mendoakan Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah agar diberikan kesehatan dan sukses diakhiri dengan bersama sama membaca surat Al-Fatihah.

Pada acara pembinaan ini, Kakanwil Prov. Jawa Tengah, Musta’in Ahmad mengatakan bahwa peran strategis ASN sebagai pelaksana reformasi birokrasi di Indonesia menuntut ASN untuk tidak hanya melibatkan perubahan perilaku tetapi juga menyangkut pengambilan-pengambilan keputusan secara profesional yang berdampak pada terlaksananya reformasi birokrasi.

“Satu semangat Mikul Duwur Mendem Jero dari generasi pendahulu kita harus kita amalkan. Nilai nilai agama pada waktu dijalankan oleh tokoh agama sanggup memberi energi untuk menghadapi era di kondisi yang lebih baik karena agama hadir menjadi solusi inspiratif,” tegas Musta’in.

Menurut Kakanwil, tentara yang menyerang kita saat ini adalah Covid-19, Agama harus menjadi solusi dan motivasi. Sebagai ASN Kemenag, Musta’in berharap agar kita selalu lebih berhati hati lagi, lebih disiplin lagi, harus menjadi contoh dalam protokol kesehatan, diniati ibadah untuk keselamatan orang banyak.

“Ayo tetap ke masjid yang sehat sehat saja, yang tua jangan, atur sof-nya renggang, bawa alat prokes dari rumah, Masjid yang berada ditanggungjawab kita, maka laksanakan prokes yang baik dan menjadi teladan, kluster-kluster covid harus diantisipasi, tingkatkan daya magnet kita, temukan cara yang lain untuk mencapai hal yang lebih baik,” pinta Musta’in.

Di akhir pembinaannya, KaKanwil berharap layanan haji jangan hanya karikatif tetapi konstutif.

“Yakinkan kepada masyarakat bahwa pemerintah hadir memberi pelayanan dan garansi pelayanan yang baik, beri pengertian yang baik, karena ini merupakan sisi sensitive,” ujar KaKanwil.

Menutup silaturrahmi Kakanwil berpesan agar kita selalu bekerja sama dan sama-sama bekerja untuk memajukan Kementerian Agama. (at/qq)