Kakanwil Apresiasi Maraknya Kegiatan Agama di Kabupaten Karanganyar

Karanganyar – Maraknya kegiatan agama di Kabupaten Karanganyar di apresiasi oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, Farhani. Dalam sambutannya di acara Silaturahmi Kakanwil Bersama Tokoh Agama dan Purna Tugas Kemenag Kabupaten Karanganyar, (04/01), Farhani berterimakasih pada pimpinan daerah yang aktif memberi peluang kesemarakan kegiatan keagamaan.

“Kegiatan keagamaan di Kabupaten Karanganyar sangat banyak dan semarak, saya terus memantau dan memperhatikannya, oleh karenanya kami sangat berterimakasih dan mari terus bersinergi agar Karanganyar lebih maju dan sejahtera”, kata Farhani di Hotel Tamansari Karanganyar.

Semaraknya kegiatan keagamaan sebelumnya dilaporkan oleh Asisten II, Siti Maisyaroh yang mewakili Bupati Karanganyar, Juliyatmono. Dalam laporannya, Asisten II mengatakan bahwa Pemda dan Kemenag terus bersinergi dalam kegiatan keagamaan di Kabupaten Karanganyar, hasilnya banyak program besar keagamaan yang terlaksana, diantaranya adalah subuh keliling, tarawih keliling, jumatan keliling, serta mengeluarkan edaran kepada ASN untuk Shalat berjamaah tepat waktu.

Lebih lanjut Kakanwil juga mengatakan bahwa di tahun 2018 akan kembali mengusulkan Kabupaten Karanganyar untuk mendapatkan award dari Menteri Agama terkait dengan keaktifan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) sehingga tercipta kedamaian dan keselarasan di tengah masyarakat.

“Penghargaan dari Menteri Agama itu dilihat dari hubungan inter dan antar agama yang terjadi, dan Karanganyar dinilai kondusif sehinga meraih nilai 75,8 sehingga  pantas menerima penghargaan itu untuk menjadi yang terbaik di Jateng. Kami harap daerah lain juga terpacu untuk meniru dan mengadakan kegiatan seperti Kabupaten Karanganyar”, tambahnya.

Selain itu, Kakanwil juga mengapresiasi atas capaian yang telah dilakukan oleh Baznas Karanganyar sehingga mampu memperoleh pendapatan hingga 13,5 Miliar. Angka yang cukup besar itu menurutnya tidak akan tercapai tanpa ada sinergitas antara Baznas, Pemerintah dan masyarakatnya sendiri.

“Baznas Karanganyar tidak hanya terkenal di Provinsi Jawa Tengah, namun juga terkenal di tingkat nasional karena pencapaiannya yang cukup besar. Saya sangat senang dan berterimakasih pada jajaran Baznas yang luar biasa, yang mana salah satu pimpinannya adalah sesepuh kita di Kemenag, Abdul Mu’id”, tandasnya.

Dalam kesempatan tersebut Farhani juga mengajak Pemerintah Daerah untuk bekerjasama memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat dalam hal pelayanan pernikahan dan kegiatan keagamaan di tingkat kecamatan. Menurutnya, Pemda dapat menyediakan lokasi atau tanah di setiap kecamatan agar nantinya Kemenag dapat memberikan dana untuk dibangunkan gedung baru dan megah untuk dibangunkan Kantor Urusan Agama.

“Ada 11 KUA yang belum memiliki tanah milik sendiri di Kabupaten Karanganyar, sehingga Kemenag tidak dapat membangun gedung baru di sana, padahal dana yang kami miliki sangat besar. Saya harap Pemkab dapat menyediakan tanah untuk diberikan pada Kemenag, nanti setiap KUA akan kami berikan dana minimal 1 Miliar untuk dibangunkan gedung baru dan megah”, tegas Farhani penuh semangat.

Selain menyampaikan sambutan dan bersilaturahmi dengan purna tugas Kementerian Agama, Kakanwil juga memberikan vandel dan uang pembinaan kepada siswa dan guru yang telah mengharumkan nama baik bagi Kementerian Agama dan Kabupaten Karanganyar di tingkat provinsi, nasional maupun internasional. (ida-hd)