Kakanwil : ASN, Pahami Perubahan pada Kemenag

Salatiga – Seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kementerian Agama Kota Salatiga diminta memahami berbagai perubahan mendasar, dalam kurun waktu beberapa tahun ini perubahan tersebut dilakukan untuk menjadikan lembaga tersebut lebih baik.

Sekitar 15 tahun yang lalu, Kementerian Agama bernama Departemen Agama itu, selalu dipandang sebelah mata, karena penuh dengan praktek KKN.Tetapi kini telah berbeda dan lebih diakui sebagai Kementerian terbaik nomer dua di Indonesia.

Hal ini diungkapkan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah Farhani, saat memberikan pembinaan kepada ASN dilanjutkan dengan Halal Bihalal di lingkungan Kemenag kota Salatiga bertempat di halaman Kantor, Rabu (04/07).

“Kementerian Agama terbaik nomer 2, ini merupakan hasil survai lembaga resmi,” kata Farhani.

Menurutnya, kinerja baik Kementerian Agama juga dibuktikan dengan upaya memperbaiki pelayanan haji. Terbukti indeks kepuasan jemaah haji dalam tiga tahun terakhir mengalami peningkatan.

“Pada tahun 2015 indeks kepuasan jemaah haji sebesar 82, 67 %, tahun 2016 naik menjadi 83,83 %,  dan tahun 2017 naik menajdi 84, 85 %. Hal ini membuat predikat penyelenggaraan haji di Indonesia dinilai memuaskan,” urai Kakanwil.

Embarkasi dan Debarkasi Solo juga mendapatkan KPHI Arward, sebagai Embarkasi/ Debarkasi terbaik dalam pelayanan manasik haji dan penyelenggaraan kloter di Indonesia. Kemudian kepercayaan masyarakat terhadap Madrasah sebagai lembaga pendidikan di bawah Kemenag, juga sangat tinggi. Penghargaan dan prestasi tersebut merupakan sukses bersama dilingkungan Kemenag.

Untuk itu, Farhani mengingatkan agar ASN mampu bekerja mewujudkan birokrasi yang bebas KKN. Lalu menggunakan parameter dan mekanisme kerja sesuai aturan dan prosedur yang ada. “Kalau dalam bekerja sesuai peraturan dan mekanisme prosedur yang benar, hasilnya akan bersih dan baik,” ungkapnya.(KK-Mnc/gt)