Kakanwil Buka KSM Tingkat Kab. Sukoharjo di MIN 2 Sukoharjo

Sukoharjo – Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Kabupaten pada tahun 2018 nampak berbeda di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sukoharjo. Hal ini karena kegiatan rutin tahunan tersebut dibuka langsung oleh orang nomor satu di Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, Farhani, pada Sabtu (12/5/2018) bertempat di Kampus 2 Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Sukoharjo.

Farhani berkenan hadir dan membuka langsung event akbar tersebut dengan upacara yang diikuti ribuan siswa dari tingkat MI, MTs, dan MA. Turut hadir Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sukoharjo, Ihsan Muhadi, serta seluruh pejabat teras di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sukoharjo, pengawas, kepala madrasah, serta guru pendamping peserta KSM.

Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sukoharjo, Susilowati, mengatakan bahwa KSM ini bertujuan sebagai wadah siswa madrasah yang berprestasi baik tingkat MI, MTs, maupun MA.

“Pada tahun 2018 ini KSM Tingkat Kabupaten diselenggarakan serentak secara nasional dan soal dikirim dari panitia pusat,” kata Susilowati pada laporan yang dibacakan ketika upacara pembukaan KSM.

Kepala Kanwl Kemenag prov. Jateng, Farhani mengapresisasi panitia dengan penghargaan yang tinggi karena telah memfasilitasi pelaksanaan KSM pada tahun 2018. Beliau bersyukur dapat hadir membuka kegiatan KSM Tingkat Kabupaten di MIN 2 Sukoharjo.

“Saya minta KSM rutin dilaksanakan setiap tahun, karena dengan KSM ini memberi kesempatan kepada peserta didik untuk berprestasi, berkompetisi secara sehat,” ujar Farhani kepada seluruh peserta upacara.

Lebih lanjut Farhani menjelaskan bahwa pada lima tahun terakhir prestasi peserta didik madrasah sangat membanggakan baik di tingkat kabupaten, provinsi, nasional, bahkan internasional dan mereka semua menjadi aset bagi bangsa Indonesia.

“Madrasah sekarang berbeda dengan madrasah dua puluh tahun yang lalu dan sekarang madrasah sudah maju. Hal ini karena sekarang madrasah lebih diperhatikan pemerintah yang dibuktikan dengan berbagai bantuan untuk madrasah sehingga sekarang ini sarana dan prasarana madrasah telah berubah menjadi lebih baik,” tandas Farhani.

Akhir amanat, Farhani berpesan agar madrasah melakukan inovasi dalam rangka perubahan untuk prestasi peserta didik. “Hidup madrasah, hidup madrasah, hidup madrasah,” pekik Farhani diikuti seluruh peserta upacara.

Sementara itu Kepala MIN 2 Sukoharjo, Danuri, mengungkapkan rasa terima kasih atas kepercayaan untuk menjadi tempat pembukaan KSM yang dibuka langsung oleh KaKanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah. Dia menjelaskan bahwa selain sebagai tempat upacara pembukaan, MIN 2 Sukoharjo juga sebagai tempat pelaksanaan KSM untuk tingkat Ibtidaiyah. Sebanyak 441 peserta yang terdiri dari bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Matematika berkompetisi di madrasah tersebut.

“Sebanyak 221 peserta IPA terintegrasi dan 220 peserta Matematika terintegrasi tersebar di 12 ruangan. Mereka merupakan perwakilan dari MI se kabupaten Sukoharjo,” kata Danuri di akhir upacara.

Pada akhir KSM Tingkat Kabupaten Sukoharjo jenjang MI diperoleh hasil 3 terbaik IPA dan 3 terbaik Matematika. Siswa-siswa tersebut adalah Hasan Adit Mualim (MIS Muh. Bulakan, Devita Dea Iftifani (MIN 2 Sukoharjo), dan Daniswara Aryasuta Hariadi (MIN 2 Sukoharjo) untuk bidang IPA. Sementara untuk bidang Matematika yakni Muhammad Rizky Al Fariel (MIN 2 Sukoharjo), Ismawati Nurul Hasanah (MIS Muh Godog), dan Tristan Rega Prakoso (MIN 2 Sukoharjo).

Di tingkat MTs, Juara 1 bidang IPA diraih Chalista Nadhira Andari (MTsS PPMI Assalam Kartasura), IPS diraih Yasinta Farah Al’Aisy (MTsS SA PP Al Falah), Matematika diraih Laila Alfina Khasanah (MTsS Muh. Blimbing).

Sedangkan di tingkat MA untuk bidang Matematika, Biologi, Geografi, Kimia, Sekonomi, dan Fisika berturut-turut diraih Asa Muhammad Farhan (MA PPMI Assalam), Muhammad Fawwaz Khan (MA PPMI Assalam), Ahmad Hafizh Ka’bah (Mas Al Mukmin Ngruki), Syifa Dien Aqila (MA PPMI Assalam), Muhammad Risqi Firdaus (MA PPMI Assalam). Selanjutnya mereka semua akan maju KSM Tingkat provinsi yang rencananya akan dilaksanakan pada 25 Juli 2018 mendatang.(Pry/Wul)