Kakanwil : Cintai pekerjaan dengan hati

Pati – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah siang ini (18/2) menyampaikan pembinaan untuk pengembangan madrasah di MTsN Winong Kabupaten Pati. Sebelum pembinaan ditampilkan beberapa kreatifitas para murid antara lain tari saman, rebana, vocal group, dan pidato bilingual. Kakanwil sangat mengapresiasi kegiatan para siswa serta usaha keras para guru untuk mendidik dan memajukan/mengembangkan madrasah ini. “Kalau saya menyaksikan prestasi madrasah seperti ini, maka saya kira sangat layak kalau menyebut madrasah bukan hanya lebih baik tetapi yang terbaik adalah madrasah dan madrasahlah yang paling baik”, pujinya atas segala prestasi yang telah diraih.

Kakanwil menyampaikan saat ini Pendidikan Islam di Indonesia agar semakin memantapkan langkah untuk maju dan menata diri dalam meningkatkan kualitas dalam segala hal, karena pada 5 tahun kedepan, Menteri Agama mematok target Indonesia bisa menjadi kiblat pendidikan Islam di dunia. Untuk itu dimulai dari madrasah, agar bisa memberikan pemahaman kepada diri sendiri dan para murid untuk berkarya dengan lebih baik. Dengan kinerja yang baik, maka target tersebut akan bisa dicapai. “Kinerja yang baik tentunya didukung dengan perilaku kerja yang baik serta melaksanakan tugas dan fungsi masing-masing”, terangnya.

Kakanwil mengingatkan kepada para guru untuk tidak mencintai jabatan karena jabatan merupakan amanat yang sewaktu-waktu akan diambil oleh pemberi amanat tetapi mencintai pekerjaan menjadi sangat penting untuk peningkatan kualitas kerja khususnya yang berkaitan dengan pelayanan. Untuk itu 5 nilai budaya kerja Kementerian Agama supaya ditumbuhkembangkan, mulai dari integritas, profesionalisme, inovasi, tanggungjawab dan keteladanan.

Menurut Umi Hanik, Kepala MTsN Winong mengatakan bahwa acara ini dilaksanakan untuk meningkatkan motivasi tenaga pendidik dan kependidikan serta komite madrasah dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya, mencerdaskan generasi bangsa yang mandiri, tangguh dan berakhlak mulia. Lebih dari itu, menurut Umi, MTsN Winong senantiasa meningkatkan prestasi baik prestasi akademik para murid, prestasi guru, perpustakaan, maupun prestasi-prestasi lainnya baik tingkat kabupaten, provinsi, maupun tingkat nasional. Meskipun demikian Umi berharap agar seluruh komponen madrasah bisa bekerja lebih optimal sehingga prestasi yang akan diraih ke depan bisa lebih baik lagi.(fat)