Kakanwil : Jadikan Idul Fitri sebagai koreksi dan perbaikan diri

Semarang – Libur dan cuti bersama hari raya Idul Fitri 1436H telah usai, Rabu ini merupakan hari pertama bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) baik pusat maupun daerah untuk masuk bekerja kembali beraktifitas sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing, tidak terkecuali Kementerian Agama beserta jajarannya di daerah. Sesuai dengan edaran dari Inspektur Jenderal Kementerian Agama terkait Kehadiran PNS sebelum dan sesuadah Cuti Bersama dan Penjatuhan Hukuman Disiplin, sudah dijelaskan secara detil tentang libur dan cuti bersama serta penjatuhan hukuman disiplin bagi PNS yang melanggar.

Hari pertama masuk kerja tersebut dimanfaatkan jajaran ASN Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah untuk menyelenggarakan Halal bi Halal atau saling memaafkan antar sesama pegawai baik pejabat, pegawai, keamanan dan out-sourcing kebersihan di lingkungan kantor.

Sebelumnya diawali dengan apel pagi yang dipimpin langsung oleh Kakanwil, diterima laporan bahwa seluruh pegawai Kanwil terkecuali yang mengambil cuti bisa hadir semua untuk mengikuti apel perdana seusai liburan dan dilanjutkan dengan halal bi halal.

Kakanwil bersukur bahwa usai libur dan cuti bersama Idul Fitri seluruh aparaturnya bisa hadir semua dan tidak ada laporan yang tidak baik menimpa aparaturnya saat mudik ke kampung halaman masing-masing.

“Alhamdulillah, sukur kepada Allah bahwa masa libur dan cuti bersama dapat kita lalui dengan baik, jalinan tali silaturahim dengan sanak famili tetap terbina dan saat kembali masih dalam lindungan Allah sehingga hari ini kita bisa berkumpul dan kembali beraktifitas dalam rangka melaksanakan tugas rutin seperti biasa,” ucap Ahmadi dalam pembinaan apel perdana kepada jajarannya.

Kakanwil menambahkan bahwa, “Satu hal yang terasa indah pada Idul Fitri 1436H ini, bahwa penetapan 1 Syawal bisa serentak, sehingga perayaan Idul Fitri bersamaan dirasakan oleh seluruh lapisan umat Islam di Indonesia. Hanya saja kekhidmatan Idul Fitri sempat tercoreng oleh peristiwa Tolikara Papua yang sempat meramaikan media di tanah air ini. Kementerian Agama sebagai lembaga yang mengemban tugas dalam membina kerukunan umat beragama langsung turun tangan segera melakukan koordinasi dengan instansi terkait untuk menangani peristiwa tersebut sehingga tidak menimbulkan efek atau memicu tindak sejenis di wilayah lain.”

Beliau menambahkan bahwa bulan Ramadhan kurang lebih 1 bulan kita ditempa untuk melakukan koreksi dan perbaikan diri. Syawal yang berarti peningkatan maka pada bulan Syawal ini diharapkan segenap ASN Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah dapat melakukan peningkatan diri dalam segala hal terutama dalam hal pelayanan diri terhadap masyarakat khususnya dalam pekerjaan sebagai PNS.

Acara dilanjutkan dengan Halal Bihalal yang diiringi oleh lantunan Sholawatan berjalan dengan syahdu dan khusyu’, pejabat dan pegawai saling bersalaman mengucapkan Selamat Idul Fitri 1 Syawal 1436H serta memohon maaf yang sedalam-dalamnya kepada satu-satunya pegawai. Sedangkan untuk pejabat jajaran Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota, MAN dan MTsN se Jawa Tengah insya Allah akan dilaksanakan besok Kamis tanggal 23 Juli 2015 bertempat di halaman Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah dimulai pukul 09.00 sampai dengan selesai. (gt)