Kakanwil Kemenag Jateng Resmikan Pelayanan Haji dan Nikah Satu Atap

BLORA – Kepala Kantor Wilayah Propinsi Jawa Tengah, Farhani pada kamis (13/7) meresmikan (LAUNCHING) program pelayanan nikah satu atap  dan pelayanan haji satu atap yang dilakukan di Kementerian Agama Blora di seksi haji dan Umrah dilanjutkan di Gedung Sasana Bhakti Blora.

Acara tersebut dihadiri oleh Bupati Blora, Forkopimda, kepala Bank BRI Cabang Blora, Bank Syariah, maupun Kepala Puskesmas Kecamatan Se_Kabupaten Blora, kasi kasi dan Gara Syariah,Kepala KUA, ASN di lingkungan Kemenag Blora dan tokoh agama serta tokoh masyarakat.

Program Unggulan Kemenag Blora tersebut, mendapat apresiasi dari Kakanwil karena sejalan dengan upaya memberikan pelayanan kepada masyarakat secara efektif dan efisien di lingkungan Kementerian Agama dan optimalisasi pelayanan kinerja, Kemenag Blora ternyata telah mampu  membuat terobosan kerja  yang manfaatnya akan sangat berpengaruh secara signifikan bagi masyarakat secara luas.

Hal tersebut menurut Farhani  tentunya akan memudahkan  masyarakat dalam melakukan pendaftaran ibadah haji dan kerjasama yang dilakukan dengan bank BRI Syariah tersebut bisa menjadi contoh bagi Kementerian Agama yang lainnya agar membuat program pelayanan haji satu atap sebagai upaya pelayanan terpadu bagi umat, yang  tentu sesuai dengan misi Kementerian Agama yakni peningkatan pelayanan ibadah haji.

Kakanwil dalam sambutannya menyatakan apresiasinya atas inisiatif dibangunnya gedung pelayanan terpadu bagi jamaah calon haji Blora maupun pelayanan nikah satu atap.

“Saya menyatakan Blora adalah yang terbaik di Jawa Tengah dalam menerapkan kebijakan program baik pelayanan haji maupun pelayanan nikah satu atap serta program unggulan lainnya”, ungkap Kakanwil disambut tepuk tangan para tamu undangan.

Selain itu, menurut Farhani melalui pelayanan nikah satu atap masyarakat juga akan diberikan pelayanan yang optimal dalam pernikahan sehingga memberikan manfaat kemudahan karena masyarakat tidak lagi melalui proses yang panjang dan berbelit dalam pendaftaran pernikahan.

“Dengan ini kami meresmikan program pelayanan haji satu atap dan pelayanan nikah satu atap di Kemenag Blora serta enam program unggulan di Kemenag Blora semoga bisa bermanfaat luas bagi masyarakat”ujarnya.

Sementara itu, Kepala Kankemenag Blora, Nuril Anwar,SH,MH menyampaikan bahwa saat ini sejak bulan Juli 2017 Kemenag Blora akan menerapkan program pelayanan haji satu atap dan pelayanan nikah satu atap yang bertujuan untuk memberikan pelayanan yang optimal dalam  nikah dan haji bagi masyarakat Kabupaten Blora.

Sistem satu atap yang diterapkan Kemenag Kabupaten Blora  ini merupakan tekad untuk  memulai memudahkan masyarakat untuk mengurus segala suatu hal, karena motto kemenag untuk lebih dekat dalam melayani umat.

“Kementerian Agama Blora terus melakukan berbagai upaya untuk memperbaiki kinerja, menerapkan program unggulan kami untuk mewujudkan upaya “lebih dekat melayani umat”, serta meningkatkan kualitas pelayanan terhadap masyarakat dengan sungguh-sungguh”paparnya serius.

Nuril menyampaikan bahwa melalui Program pelayanan haji satu atap, maka calon jamaah haji akan mendapatkan pelayanan yang efisien karena bank penerima setoran Biaya perjalanan Ibadah Haji (BPS BPIH)  yang sudah disepakati yakni BRI Syariah akan berkantor di ruang pelayanan haji sehingga masyarakat bisa langsung melakukan pembayaran adminstrasi ibadah haji tanpa harus bolak balik ke kantor Bank karena lokasinya satu atap dengan ruang pelayanan administrasi ibadah haji di Kemenag Blora baik pendaftaran,pemeriksaan berkas, foto biometrik maupun validasi dan lainnya.

“Calhaj akan semakin dimudahkan dalam pelayanan, masyarakat yang akan lebih cepat dalam pendaftaran haji, tidak bolak-balik dari Bank ke Kemenag kembali lagi ke Bank dan menuju Kemenag lagi. Cukup datang di Kemenag saja, pendaftaran cepat terlayani”, papar Nuril..

Selain itu, Nuril menandaskan bahwa sebagai wujud kesungguhan Kantor Kemenag Blora  dalam memberikan pelayanan prima dan cepat bagi masyarakat, saat ini Kemenag Blora akan semakin memudahkan masyarakat, khususnya jamaah haji dengan adanya pelayanan haji satu atap maupun nikah satu atap.

Begitu pula dalam pelayanan nikah satu atap, maka akan terdapat tiga pelayanan terpadu sekaligus, yakni pelayanan administrasi pernikahan, pelayanan pemeriksaaan kesehatan suntik imunisasi TT bagi calon pengantin dari Puskesmas dan Pelayanan pembayaran melalui e-Billing mesin ATM EDC (Electronic Data Capture) bagi yang melakukan pernikahan di luar kantor.

Peresmian Gedung satu atap ditandai dengan pengguntingan pita di gedung pelayanan haji satu atap dan KUA Jepon serta penandatanganan MoU antara Kemenag Blora, Bank Syariah, BRI Cabang Blora, dan Kepala Dinas Kesehatan Blora disaksikan tamu undangan yang hadir.

Selain dua program unggulan  tersebut, Nuril juga meminta Kakanwil Jateng meresmikan juga program lainnya seperti Pendirian Pondok Pesantren Taubatan Nasuha di LP Blora, Program satu jam berjuang di madrasah dengan hafalan Juz 30 bagi siswa MI, hafalan surat al Waqiah dan alMUlk bagi siswa MTs dan bimbingan khatib, imam, tahlil serta sholat jenazah bagi siswa Madrasah Aliyah se-kabupaten Blora, Program gerakan pensertifikatan tanah wakaf, dan peresmian Grup Hadroh “ar Rohmah” Kemenag Blora.

“Kami beserta kasi kasi dan gara Syariah beserta seluruh jajaran ASN di lingkungan Kemenag Blora didukung Pemkab Blora dan masyarakat seperti KBIH dan lainnya siap untuk bekerja melayani umat dengan ikhlas dan sepenuh hati” tuturnya.

“semoga kerja keras ini bisa bermanfaat bagi masyarakat Blora dan memberikan citra positif Kementerian Agama  bagi masyarakat luas”pungkasnya. (ima/bd)