Kakanwil Melantik 19 PPAIW Dan Kepala KUA Kabupaten Grobogan

Semarang – Momen bersejarah dalam pelantikan Kepala KUA dan PPAIW  Kemenag Kabupaten Grobogan dilakukan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah. dan jabatan adalah bagian dari amanah Allah yang harus dipertanggungjawabkan itu yang dikatakan Kakanwil Kemenag Peov.Jateng Farkhani, dalam pelantikan Kepala KUA dan PPAIW Kemenag Grobogan hari Juma’at (08/06/2018) di Aula Lantai 3 Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah.

Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah Farkhani dalam sambutannya menyampaikan pelantikan dan pengambilan sumpah Kepala KUA dan PPAIW Kemenag Kabupaten Grobogan berbeda dengan Kemenag Kabupaten yang lain. Pelantikan yang  menjelang Idul Fitri ditempatkan di Kanwil Kemenag Prov. Jateng dikarenakan di Kemenag Kabupaten Grobogan belum ada Kepala Kantor yang difinitif.

“Saya tahu yang namanya pengangkatan jabatan dan mutasi atau rotasi jabatan pada suatu lembaga merupakan hal biasa dan suatu keniscayaan, yang terpenting bagaimana para pejabat yang baru dilantik dan diambil sumpah jabatannya menyikapi, menindaklanjuti dan mempertanggungjawabkan amanah yang telah diembankan pemerintah,”tegasnya.

Karena keberadaan para penghulu yang ada di Kecamatan adalah amat vital karena menjadi garda terdepan kantor urusan agama (KUA) kecamatan dalam melayani masyarakat. Penghulu bertugas untuk mencatat peristiwa pernikahan sebagai salah satu lima prinsip dasar agama Islam.

“Sebagai PNS apalagi penghulu harus menjaga integritas sebab integritas adalah wajah Kemenag. Jangan sampai Penghulu memiliki godaan yang luar biasa, karena berkaitan dengan masalah pernikahan di masyarakat. apalagi sebentar lagi memasuki bulan syawal yang pastinya akan banyak calon pengantin. sehingga Penghulu harus dituntut untuk menunjukkan Integritas, Profesionalitas, Inovasi, Tanggung Jawab dan Keteladanan, serta penghulu juga harus ada dukungan dari seorang istri, karena peran istri sangat penting. Sebab suksesnya suami tidak terlepas dari peran seorang istri,”katanya.

Selamat bagi pejabat yang dilantik, semoga menjadi pejabat yang amanah dan ikhlas dalam menjalankan tugas, karena dulu waktu diambil sumpah CPNS harus menerima ditempatkan seluruh wilayah Indonesia.(bd)