Kakanwil Melepas Kontingen Jawa Tengah menuju Ambon

Semarang – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah Ahmadi melepas Kontingen Jawa Tengah untuk diberangkatkan ke Pantai Liang, Kabupaten Maluku Tengah Provinsi Maluku mengikuti Perkemahan Pramuka Madrasah Nasional (PPMN) ke-II, Minggu (22/05). Agenda Nasional yang diselenggarakan oleh Direktorat Pendidikan Madrasah Kementerian Agama Republik Indonesia untuk kali kedua di tahun 2016 ini sasaran pesertanya adalah adik-adik penggalang yang duduk dibangku Madrasah Tsanawiyah.

Kontingen Jawa Tengah terdiri dari peserta putra dengan jumlah 8 orang berasal dari pramuka penggalang se-Kabupaten Sragen dan peserta putri dengan jumlah 8 orang dari pramuka penggalang MTsN Karangawen Kabupaten Demak, merupakan hasil seleksi tingkat provinsi yang telah dilaksanakan di Pusat Perkemahan Pramuka (puskepram) Kwartil Daerah Jawa Tengah Karanggeneng – Gunungpati pada akhir bulan Maret lalu. Tindak lanjut dari hasil seleksi diteruskan dengan pemusatan latihan sebanyak dua kali masing-masing selama satu minggu pada minggu pertama dan minggu ketiga bulan Mei.

Melihat kesiapan peserta dari Jawa Tengah, Kakanwil yakin kontingen Jawa Tengah mampu menampilkan potensi terbaiknya, sehingga target juara umum dalam PPMN ke-II merupakan keniscayaan.

“Kita kenali potensi dan kemampuan dari para peserta baik putra maupun putri, untuk itu maksimalkan diri dalam menorehkan prestasi terbaik. Apapun cabang yang diperlombakan, mari bulatkan tekad untuk menjadi yang terbaik dengan meraih juara umum pada ajang nasional tersebut,” tegas Kakanwil menyemangati seluruh peserta.

Kakanwil menambahkan, bahwa berangkat mewakili Jawa Tengah merupakan suatu kebanggaan yang luar biasa bagi adik-adik penggalang, namun perlu dikenali bahwa Ambon merupakan provinsi di wilayah timur bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang memiliki karakter tertentu, Ambon mencerminkan kerukunan dan toleransi yang harmonis, namun disisi lain Ambon memiliki potensi konflik yang cukup tinggi. Prestasi mutlak diraih namun membina silaturrahim dengan kontingen yang lain patut diutamakan.

”Gunakanlah ajang nasional ini sebagai sarana membangun komunikasi melalui silaturrahim dengan kontingen dari berbagai provinsi di Indonesia, untuk mengenali karakter masing-masing serta mengembangkan wawasan multikultural sesama warga negara Indonesia, tunjukkan kearifan lokal yang dimiliki Jawa Tengah sebagai wilayah yang damai, rukun dan berkualitas,” tutur Ahmadi kepada seluruh peserta dalam acara pelepasan kontingen di Aula Gedung Kantor.

Dengan ditandai penyerahan bendera Provinsi Jawa Tengah oleh Kepala Kanwil kepada Aditya Wisaksono selaku Pimpinan Kontingen Daerah (pinkonda) Jawa Tengah secara simbolis sebagai tanda pelepasan Kontingen Jawa Tengah menuju ajang Perkemahan Pramuka Madrasah Nasional ke-II di Pantai Liang Maluku, kemudian dilanjutkan dengan salam pamitan dari seluruh peserta, pinkonda, bindamping, dan official memohon doa restu dari Kakanwil. (gt/gt)