Kakanwil Mengajak Tingkatkan Rasa Syukur dan Kinerja

Purwokerto _ Kantor Kemenag Kab Banyumas menyelenggarakan kegiatan pembinaan Aparatur Sipil Negara (ASN) pada Selasa pagi tanggal 11 Desember 2018. Acara diawali dengan apel pagi pukul 07.30  langsung dipimpin oleh Kepala Kanwil Kemenag Jawa tengah Drs.H.Farhani, SH,MM. Dalam sambutannya Kakanwil Kemenag Prov. Jateng menyampaikan, bahwa semua Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kementerian Agama Kab Banyumas meningkatkan rasa syukur karena ditakdirkan menjadi PNS.

Beberapa waktu yang lalu kita mengadakan seleksi rekuitmen CPNS, sebanyak 17.679 pelamar hanya 3 % yang lulus dan secara keseluruhan ditingkat nasional hanya 8 %. Itu artinya posisi kita pada tempat yang dimuliakan dan dihormati. Untuk itu, sudah seharusnya kita meningkatkan kualitas kinerjanya agar pelayanan masyarakat lebih baik lagi. Di era reformasi birokrasi kita berkomitmen untuk melakukan sebuah perubahan penegakan hukum demi prestasi, pertama Kementerian Agama mendapatkan prestasi kinerjanya terbaik kedua di RI dari seluruh Kementerian dan Lembaga Negara.(LSI Saeful Mujani).

Selanjutnya saat ini Kemenag berdasarkan indek kepuasan haji dari BPS tahun 2017 di level 84,85 % (memuaskan) dan di tahun 2018 yang dilakukan penilaian  oleh Badan Litbang dan Diklat yang diumumkan oleh peneliti dan anggota Komisi VIII DPR RI sebesar 87.21 % (sangat memuaskan). Dan dari KPHI Aword memberikan penghargaan TERBAIK dalam Pelayanan penyelenggaraan haji dan penyediaan petugas untuk tahun ini. Selesai melaksanakan apel sebagaimana biasa di Kankemenag Kab Banyumas peserta apel bersalam-salaman kepada Kakanwil, Kakankemanag beserta pejabat dan jajarannya.

Acara pembinaan Aparatur Sipil Negara (ASN) dilanjutkan di Aula Kankemenag Kab Banyumas pukul 08.00 WIB diawali oleh Kakankemenag Kab. Banyumas, dalam sambutannya acara pembinaan ASN ini merupakan agenda rutin yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja para ASN di lingkungan Kemenag dan menyampaikan pujian kepada Kakanwil yang telah berhasil membawa harum Kementerian Agama khusunya Prov Jawa Tengah, dan dalam kelakarnya sudah sepantasnya Bapak Drs.H.Farhani, SH,MM. menjadi Menteri Agama.

Selayaknya berbalas pantun dalam sambutannya juga Kakanwil Prov Jateng juga memuji Kakankemenag Kab Banyumas bisa menjadi Kakanwil agar dapat memberi peluang kepada bawahannya untuk menggantikannya.(candaanya). Satker kita sangat banyak namun dapat disatukan dalam satu satker sehingga prestasi semakin baik. Tantangan Kanwil Jateng sangat komplek DIPA 7 Triliun meskipun banyak masalah khususnya TPG dan kita menduduki peringkat ke 3.  

“Alhamdulillah di akhir tahun revisi DIPA anggaran turun tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan guru2”. Pelayanan kita tidak boleh beralasan akun yang berubah-ubah, capai dan teknis lainnya. Itu merupakan tugas kita yang harus menyelesaikan. Mereka (Guru) tidak mau tahu kerepotan dan kesusahan teknis, maka kita selalu hadirkan energy positif dalam pelayanan, hafalkan tugas dan tanggungjawab sehingga fenomena lalai dan salah karena tidak hafal dengan tusi membuat umat sengsara seperti kesalahan akun ini.

Kita sebagai pimpinan tidak boleh menjawab tidak tahu tapi semua harus tahu, sehingga bila ada potensi kesalahan akan mudah terdeteksi dan bisa dicarikan solusi. Jangan mau jabatannya saja, lalai adalah sunnah namun lalai staf adalah tanggung jawab pimpinan. Jangan lakukan perjaan yang bukan tupoksinya dan jangan lalai dengan tupoksi itu namanya menyalahgunakan wewenang. Untuk itu mari semua ASN dilingkungan kemenag kab Banyumas kita bangun kinerja yang bersih dan sehat, karena KUA adalah miniatur Kementerian Agama sehingga mampu dan menjaga marwah Kemenag tambah Farhani.(mdr/bd)