Kakanwil : Niatkan bekerja sebagai Ibadah

Karanganyar – Kantor Kementerian Agama Kab. Karanganyar pagi ini menghadirkan H. Ahmadi, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah untuk memberikan pembinaan kepada para pegawai di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kab. Karanganyar. Kegiatan dengan tema “Memperkokoh Kebersamaan ASN Kementerian Agama dalam Peningkatan Kinerja dan Pelayanan Prima” dilaksanakan di Gedung Dakwah Kabupaten Karanganyar dengan dihadiri sekitar 300 orang terdiri atas para pegawai negeri, guru DPK, Kepala Madrasah Negeri, Kepala KUA, Penghulu, penyuluh dan Dharma Wanita.

Menurut H. Mustain Ahmad, Kepala Kantor Kementerian Agama Kab.Karanganyar, selain pembinaan pegawai kesempatan ini juga dijadikan sebagai wahana untuk silaturahmi dan halal bihalal. “Karena masih dalam suasana Idul Fitri, maka tepat rasanya dilaksanakan pembinaan dan saling memaafkan untuk memulai langkah dan melaksanakan tugas dengan hari yang bersih dan semangat baru untuk mengukur prestasi gemilang”, jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kakanwil sangat mengapresiasi kegiatan ini. Dikatakan bahwa peningkatan kinerja dan kualitas pelayanan diawali dengan kebersamaan dan kesamaan tujuan. Diawali dengan pendidikan rohani selama satu bulan penuh dalam bulan ramadhan untuk beribadah secara total, peduli terhadap kondisi sosial dengan berbagi terhadap sesama, menahan lapar dan hawa nafsu dan terakhir di akhir ramadhan memasuki Idul Fitri menjadi moment yang tepat untuk saling memaafkan.

Peningkatan Kinerja dan Pelayanan Prima lebih banyak berhubungan dengan tugas dan fungsi pegawai. Kebersamaan menjadi modal utama dalam sebuah kegiatan/organisasi. Terkait dengan hal tersebut ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, Orientasikan tindakan dan prilaku kita menjadi pegawai yang baik sesuai niat pertama kita, yaitu : niat bekerja itu ibadah, bekerja atas ketentuan dan peraturan, memaksimalkan hasil pekerjaan, menjunjung nilai kebersamaan dan sikap saling melayani, menerapkan fungsi manajemen secara efektif, dan mengelola waktu untuk bekerja secara efektif.

Menurut Ahmadi, ada 3 prinsip sukses yang perlu dikembangkan dalam berinteraksi dengan rekan kerja antara lain : bahagia terhadap orang yang memperoleh keberhasilan, suka membantu orang lain, dan tidak membenci orang yang memusuhinya.

Kedua, Jadikan 5 nilai budaya kerja Kementerian Agama sebagai bagian kehidupan selaku ASN. Integritas, Profesionalitas, Inovasi, Tanggungjawab, dan Keteladanan. (fat)