Kakanwil tekankan Toleransi dan Peningkatan Kinerja kepada jajaran aparaturnya

Karanganyar – Suasana Idul Fitri 1436H/2015M masih terasa betul di Bumi Intanpari, julukan untuk Kabupaten Karanganyar. Setidaknya suasana lebaran ini masih dirasakan oleh seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar hingga Senin, 27/07/2015. Pasalnya 300-an guru dan pegawai Kemenag Karanganyar berkumpul di Gedung Dakwah Muhammadiyah dalam rangka pembinaan pegawai sekaligus halal bihalal.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, Ahmadi untuk memberikan pembinaan kepada seluruh ASN Kemenag di Karanganyar. Dalam kesempatan tersebut Kakanwil berbicara tentang hikmah Idul Fitri terhadap toleransi di masyarakat dan peningkatan kinerja ASN.

Menurutnya, salah satu hikmah dari Idul Fitri ini adalah kebiasaan memberikan maaf. Namun demikian beliau menekankan bahwa kebiasaan memberi dan meminta maaf itu tidak hanya dilakukan saat Idul Fitri, melainkan dalam berbagai kesempatan.

“Memaafkan itu lebih dekat dengan taqwa, dan itu adalah sebuah kebajikan yang luar biasa,” ucap Kakanwil.

Lebih lanjut Kakanwil mengatakan bahwa kebiasaan memberi maaf akan berdampak pada suasana masyarakat yang lebih kondusif dan aman. “Kejadian Intoleransi di Tolikara adalah contoh dari sekelompok orang yang tidak dapat memaafkan. Andai saja tidak ada saling dendam dan merasa berbeda disana, pastilah tidak akan terjadi hal tersebut. Oleh karena itu saling memaafkan adalah pesan yang luar biasa pada Idul Fitri,” jelasnya.

Setelah menjelaskan tentang hikmah Idul Fitri, pejabat kelahiran Kalimantan ini berbicara tentang upaya peningkatan kinerja. Menurutnya, muara dari peningkatan kinerja ini adalah pelayanan terbaik kepada masyarakat. “Pelayanan terbaik kepada masyarakat hanya dapat dilakukan dengan kebersamaan, tidak dapat dilakukan seorang diri, oleh karenanya kebersamaan harus senantiasa di junjung dan dijaga,” jelasnya.

Tidak lupa, Kakanwil juga memberikan apresiasi pada Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar yang sudah berusaha keras meningkatkan kinerjanya. Menurutnya, peningkatan kinerja ASN Kemenag di Kabupaten Karanganyar sudah terbukti dengan banyaknya kejuaraan yang dimenangkan oleh kontingennya, baik di tingkat provinsi maupun nasional.

Sebelumnya, Kakanwil Kemenag Prov. Jateng serta seluruh tamu undangan disuguhi pertunjukan dari siswa/siswi madrasah yang telah menjuarai berbagai ajang kompetisi, seperti tarian tradisional, lukisan emas dari siswi madrasah, nyanyian dari singer terbaik se Jateng, dan lain sebagainya. (Hd)