Kakanwil terima modul pembelajaran PAI

Bekasi – Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (Pentas PAI) tingkat Nasional yang digelar mulai tanggal 11 s.d. 13 Agustus 2015 berlangsung di Embarkasi Haji Jakarta yang terletak di Kota Bekasi. Kegiatan tersebut resmi dibuka secara langsung oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dengan dihadiri Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kamaruddin Amin, Direktur Pendidikan Agama Islam Imam Haedari dan 35 Kepala Kantor Wilayah Kemneterian Agama se-Indonesia.

Pada kesempatan pembukaan acara PENTAS PAI Nasional tersebut, Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah Ahmadi mewakili Kakanwil se-Indonesia menerima Buku Modul Pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang Berbasis Islam Rahmatan Lil’alamiin dari Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

Dalam modul tersebut memberikan makna yang sangat penting untuk diajarkan kepada siswa, sebab pendidikan pendidikan Agama Islam hendaknya mampu mentransfer nilai-nilai rahmatan lil ‘alamiin sesuai dalam Al Qur’an. Harapannya mampu memberikan bekal masa depan dalam membentuk pola pikir anak terutama pemahaman keagamaanya supaya mampu menjaga agama dengan mendidik kasih sayang, memanusiakan manusia, berakhlaq dan lain-lain.

Modul yang berbasis Islam rahmatan lil ‘alamiin bagi peserta didik di Indonesia bersaman dengan nilai-nilai ideologi pancasila, justru saling mendukung untuk memberikan bekal peserta didik. Karena dalam pembelajaran nantinya mampu menumbuhkan nilai-nilai humanistik, kasih sayang, dan kerukunan umat beragama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

”Maksud terpenting yang diharapkan adalah pembelajaran agama di Indonesia melalui basis ke-Islaman, ke-indonesia-an, ke-umat-an, kemodernan, dan ke-mandiri-an dapat diajarkan kepada siswa agar terjadi keseimbangan antara akal dan ilmu pengetahuan sebagai bekal dalam kehidupan,” ungkap Ahmadi.(alif)