Kamad MAN Pekalongan : Guru Harus Mampu Menjadi Chef Atau Koki

Kab. Pekalongan – MAN Pekalongan melaksanakan kegiatan pembinaan guru dan pegawai di ruang guru dengan menerapkan protokol kesehatan. Kegiatan pembinaan dipimpin langsung Maspau, selaku Kepala MAN Pekalongan. Senin (1/11/2021)

Pada kesempatan ini Maspau menyampaikan tentang fungsi pembinaan untuk memonitoring jalannya pembelajaran dan mengingatkan amanah tupoksi pekerjaan guru dan pegawai. Pembinaan merupakan intropeksi diri  atas apa yang sudah dilakukan untuk kemajuan madrasah.

“Guru sebagai ujung tombak madrasah harus mampu menjadi chef atau koki yang mampu meramu pembelajaran dengan kreativitas pembelajaran yang inovatif sehingga peserta didik dapat merasa enjoy dan kreatif dalam mengikuti pembelajaran,” tuturnya.

Di samping itu disampiakn pula oleh Maspau bahwa guru harus mampu melaksanakan tugas mendidik, membimbing, mengarahkan peserta tidak hanya transfer knowledge tetapi menanamkan caracter building.

“Guru juga harus mengubah mindsite madrasah riset sehingga dalam pembelajaran membudayakan penyusunan karya tulis ilmiah. Madrasah juga harus melakukan pembiasaan nilai-nilai agama, sholat dhuha, sholat dhuhur dan fastabiqul khoirot.” ungkapnya.

Pada kesempatan itu Supriyanto, selaku Waka Kurikulum menyampaikan kegiatan madrasah meliputi persiapan RDM, kelas digital, supervisi, persiapan PAS Gasal dan  penerapan prokes di madrasah.

Wewet Priyatna, S.Pd Waka Kesiswaan menyampaikan perkembangan implementasi tata tertib, P2KT, Satgas Covid, pembiasaan doa dan nilai-nilai agama, Britscmath.com dan persiapan lomba sains nasional serta Karya Tulis Ilmiah, sedangkan Indah Puspaningtias, Waka Sarpras menyampaikan perkembangan pengadaan sarpras untuk mendukung pembelajaran dan kelas digital.

Sementara itu Mudasir, Waka Humas menyampaikan perlunya sosialisasi capaian prestasi kepada masyarakat melalui berbagai media massa dan media sosial serta pusat keramaian. Kegiatan pembinaan ditutup dengan rangkaian tanya jawab  memberikan masukan untuk kemajuan madrasah.(C-NA/Ant/bd).