Kamad MIN 5 Sukoharjo Utamakan Proses Ketimbang Hasil

Sukoharjo Soffi Nur Afifah Siswa kelas VIa Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Sukoharjo kembali mendapatkan prestasi sebagai juara harapan tiga pada Musabaqah Tilawatil Qur’an  (MTQ) Pelajar tingkat Propinsi Jawa Tengah.  MTQ Pelajar tingkat Jawa tengah  di selenggarakan tanggal 12-15 Nopember 2018 di Kebumen. Soffi merupakan  utusan dari Kabupaten Sukoharjo untuk mewakili tingkat SD/MI.

            Ajang bergengsi yang diselenggaran setiap tahun ini, diikuti oleh seluruh perwakilan dari Kabupaten/Kota se-Jawa Tengah. Dengan di damping Zain Annas Muthmainah, pelatih sekaligus guru di MI Negeri 5 Sukoharjo, Soffi berangkat bersama  team Kafilah Kabupaten Sukoharjo yang berjumlah 15  (lima belas)  peserta.

            Setelah pengambilan maqra yang dilakukan oleh Zain Annas Muthmainah, ia menyampaikan bahwa Soffi mendapatkan no undian 447, akan membacakan  Surat Al An’am .ayat 111 Mushaf halaman 129.  Pengambilan  Maqra dilakukan sehari sebelum bertanding. Soffi maju bertanding  hari Rabu,14 Nopember 2018, Jadi pengambilan  Maqra hari Selasa, 13 Nopember 2018. “Maqra yang telah diambil selanjutnya dibuat lagu”. Papar Zain ketika dihubungi via telephone.

            Soffi adalah merupakan siswa yang telah terlatih. Sehingga dalam waktu singkat bisa menguasai lagu dari Maqra yang telah diambilnya. Hal ini tidak lepas dari perjuangan Zain Annas Muthmainah selaku pelatih Soffi yang selalu memberi motivasi kepada Soffi untuk rajin berlatih. Mereka tidak akan istirahat sebelum lagu dari Maqra yang telah diambil jadi.

            Selain rajin berlatih, Soffi juga terkenal anak yang rajin berpuasa dan Sholat dhuha . Zain menuturkan jauh-jauh  hari sebelum maju berlomba, Soffi telah melakukan puasa  Senin-Kamis secara rutin. “Agar apa yang menjadi tujuan dan cita-cita  yaitu menjadi juara dapat tercapai”. ungkap Zain sambil tersenyum lebar.

            Terkait dengan hasil yang telah dicapai Sofi, Kepala MIN 5 Sukoharjo Widodo menyemangati anak didiknya tersebut  bahwa hasil bukanlah segalanya yang juga perlu diutamakan adalah proses yang telah dilalui, persiapan yang maksimal dan perjuangan yang pantang menyerah. “Hasil bukanlah tujuan satu satunya tapi proses juga harus diutamakan. Ketika kita sudah berusaha secara maksimal dengan melalui proses yang baik, maka  hasil yang menentukan Allah SWT “ Kata Widodo. “Selama ini proses yang kita lakukan sudah luar biasa,” pungkas Widodo.

            Soffi berhasil memperoleh peringakat harapan tiga. Untuk peringkat terbaik 1 adalah Farchatina Ramadhani dari Kabupaten Kendal, terbaik kedua Umi Saidah dati Kabupaten Pati, terbaik ketiga Salwaa Khoiru Shifa’ dari Kabupaten Klaten, dan Terbaik Harapan Satu Soffi Nur Affifah.

Dengan mendapatkan hasil sebagai juara harapan satu tentu belum menjadikan Soffi puas. Ada rasa kecewa, dari Soffi dan Zain, karena belum mampu memenuhi target. Namun inilah hasil terbaik.Tentu ini menjadikan PR bagi pelatih dan Soffi untuk semakin rajin dalam berlatih dan tidak cepat puas. Sehingga pada kesempatan lain akan mendapatkan hasil yang lebih baik.(Wied/Djp/bd)