Kampanye 5 Nilai Budaya Kerja

Purworejo – Ada hal menarik dalam acara pembinaan Aparatur Sipil Negara (ASN) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purworejo yang diselenggarakan di Aula kantor, Jum’at (23/03). Acara tersebut diselingi peragaan 5 Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama yang diikuti oleh seluruh ASN Kemenag Purworejo.

Hal ini digagas oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha Farid Solihin. Ide tersebut timbul karena Kasubbag TU melihat bahwa ternyata banyak ASN yang belum mengerti komponen apa saja yang termasuk ke dalam 5 Nilai Budaya Kerja. “Untuk mengerti saja belum, apalagi mengamalkan, sehingga perlu kita kampanyekan lagi,” kata Farid.

Kelima Nilai Budaya Kerja meliputi integritas, profesionalitas, inovasi, tanggung jawab, dan keteladanan. Integritas merupakan keselarasan antara hati, pikiran, perkataan dan perbuatan yang baik dan benar. Profesionalitas yaitu menjunjung tinggi sikap disiplin, kompeten dan tepat waktu. Inovasi dapat diartikan berkreasi terhadap hal yang baru atau menyempurnakan yang telah ada. Sementara tanggung jawab artinya bekerja secara tuntas dan konsekuen. Dan yang terakhir, keteladanan artinya ASN Kemenag harus dapat menjadi contoh bagi orang lain.

Ditanya secara terpisah, beberapa ASN merasakan manfaat dari kampanye tersebut. Diharapkan, setelah mengetahui bahwa Kemenag memiliki nilai yang dapat dijadikan panduan untuk meningkatkan kinerja, ASN dapat menghayati dan mengamalkan nilai tersebut untuk meningkatkan kualitas pegawai dan menjadikan kementerian agama semakin bermartabat. (nuq/gt)