Kankemenag Cilacap gelar Jalan Sehat KUB

Cilacap – Memperingati Hari Amal Bakti (HAB) ke-70 Kementerian Agama, Kementerian Agama Kabupaten Cilacap menggelar Jalan Sehat Kerukunan Umat Beragama (23/1). Peserta merupakan keluarga besar Kementerian Agama Kabupaten Cilacap yang berasal dari lintas agama. Start dimulai pukul 07.30 WIB dari Jl Perwira di depan Kantor Kemenag. Peserta jalan sehat dilepas langsung oleh Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji.

Ketua panitia Subhan Wahyudi mengatakan bahwa jalan sehat kerukunan umat beragama kali ini diikuti sebanyak 5.100 peserta. Hal tersebut berdasarkan jumlah kupon yang telah didistribusikan. Jika pada jalan sehat sebelumnya, kupon didistribusikan terlebih dahulu, kali ini berbeda, yakni pada saat kegiatan sedang berlangsung. Kebijakan ini menurut panitia untuk mengantisipasi ketimpangan jumlah antara kupon yang tersebar dengan jumlah peserta riil. “Jumlah tersebut insyaallah riil, karena kami hanya membagikan kupon kepada perserta yang mengikutinya dan pembagian dilaksanakan di tengah perjalanan,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cilacap, Mughni Labib mengatakan, bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk menguatkan integritas Kementerian Agama. Sesuai amanat Menteri Agama, bahwa Kemenag sedang meneguhkan revolusi mental yang bersih dan melayani. Di samping itu, yang tidak kalah penting adalah regenerasi kaum muda Indonesia agar mengerti akan pentingya kerukunan umat beragama bagi bangsa ini. “Pembangunan tidak bisa berjalan tanpa kerukunan umat bergama, karenanya melalui jalan sehat kerukunan kami berharap bisa menguatkan dan memupuk kerukunan umat bergama yang sudah ada,” ucap Kankemenag menegaskan.

Hadiah

Untuk menarik minat para peserta, panitia menyediakan hadial total senilai 70 juta. Terdapat dua hadiah utama, yakni Umrah dari Asosiasi Bimbingan Haji dan Umrah Cilacap, serta sebuah sepeda motor dari Pertamina dan BRI. Hadiah menarik lain berupa almari es, mesin cuci, sepeda, LCD TV, kompor gas, kipas angin, setrika listrik serta masih banyak hadiah hiburan lainnya. Peserta yang beruntung mendapat hadiah umrah adalah pegawai dari Penyelenggara Syariah Kankemenag Kabupaten Cilacap, Adman. Sedangkan sepeda motor digondol oleh guru MTsN Nusawungu. (Budiono/gt)