Kankemenag dampingi Bupati tarling ke-17 Kecamatan

Karanganyar – Bulan suci Ramadhan selalu saja spesial bagi masyarakat di Kabupaten Karanganyar, pasalnya Bupati, Wakil Bupati, Kemenag dan pimpinan daerah lainnya melakukan tarawih keliling (tarling) ke 17 kecamatan. Kegiatan ini berlangsung mulai tanggal 19 Juni sampai dengan 15 Juli 2015.

Kementerian Agama (Kemenag) yang menjadi leading sector kegiatan keagamaan di Kabupaten Karanganyar tentu tidak ketinggalan untuk mendampingi Bupati serta jajarannya dalam program tarling tersebut. Untuk mendukungnya, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kabupaten Karanganyar, H. Mustain Ahmad membuat tim untuk mengikuti tarling itu.

“Ada satu tim tetap dan empat tim pendamping, dimana tim tetap diisi oleh saya sendiri yang Insya Allah akan hadir pada setiap tarling. Sementara itu, tim pendamping terdiri dari lima orang dan diisi oleh kasubbag, kasi, gara dan staf kemenag, dimana masing-masing tim akan bergiliran mengikuti tarling,” ujar Kakankemenag saat menyampaikan keterangannya.

Tarling itu sendiri akan berlangsung sebanyak 19 kali, dimana yang 17 kali pada setiap Kecamatan di Kabupaten Karanganyar dan sisanya dilaksanakan di Masjid Agung dan Pendopo Rumah Dinas Bupati. Tidak hanya mendampingi, Kemenag juga berperan dalam tarling ini dengan menyusun materi ceramah dan mempersiapkan imam sholat Isya, tarawih dan witir.

Saat pembukaan tarling yang berlangsung di Masjid Agung Karanganyar Jum’at kemarin (19/06), rombongan tarling disuguhi sholat isya, tarawih dan witir dengan membaca satu juz Al Qur’an. Ini tahun pertama di Masjid Agung Karanganyar menyelenggarakan pembacaan satu juz Al Qur’an pada tiap tarawihnya.

Disampaikan Bupati Karanganyar, Juliyatmono saat membuka tarling Ramadhan 1436 H bahwa pembacaan satu juz Al Quran pada setiap tarawih ini barulah percobaan. “Program satu juz setiap tarawih ini akan di evaluasi kedepannya, apakah memang membawa kebaikan bagi umat di sekitar masjid atau malah nanti masjid ini ditinggalkan,” ujar Bupati.

Terlihat dari pantauan tim tarling Kemenag bahwa pada hari ketiga tarawih di Masjid Agung jumlah jamaah yang mengikuti sholat disana masih cukup banyak. Tarawih satu juz itu sendiri langsung dipimpin oleh tiga orang hafizh yang berasal dari ponpes di Karanganyar.

Sampai saat ini, tarling sudah berlangsung sebanyak empat kali, pertama di masjid Agung Karanganyar, dilanjutkan di Kecamatan Jenawi, Gondangrejo dan Jatiyoso. Pada setiap tarling itu juga Baznas Karanganyar melalui Bupati dan Wakilnya menyerahkan beberapa bantuan pada masjid dan masyarakat sekitar lokasi tarling. (Hadi)