Kankemenag kucurkan bantuan bagi masyarakat Kecamatan Belik

Pemalang – “Sholat bersama dan pembagian zakat UPZ dimaksudkan untuk lebih mendekatkan diri kepada masyarakat. Sengaja kami memilih masjid-masjid yang berada di pedalaman, di mana biasanya orang yang lalu-lalang tidak mampir di masjid tersebut untuk beristirahat melaksanakan sholat Jumat maupun sholat fardhu.”

Demikian disampaikan Kepala Kankemenag Kabupaten Pemalang, Taufik Rahman dalam kegiatan sholat Isya bersama masyarakat Desa Kuta Kecamatan Belik dan pentasharufan zakat UPZ di masjid Al Ikhsan Desa Kuta (25/8).

ASN Kankemenag Kabupaten Pemalang sudah bersepakat untuk menyisihkan sebagian penghasilannya untuk diberikan kepada yang membutuhkan. Hal ini sebagai bentuk syukur atas rizki yang telah diterima.

“Maka nikmat Tuhan yang manakah yang kamu dustakan? Dengan bersyukur maka rizki kita akan dilimpahkan oleh Allah SWT.” jelasnya.

UPZ Kankemenag Kabupaten Pemalang membagikan zakat sebesar Rp10.050.000,00. Zakat diserahkan kepada Masjid Al Ikhsan Desa Kuta, FKDT Kecamatan Belik, Pondok Pesantren Assalaf Dukuh Bulu, TPQ Nurul Qur’an, dan 29 orang fakir miskin Kecamatan Belik.

Menjelang keberangkatan Calon Jemaah Haji (CJH) Kabupaten Pemalang tahun 2015, Taufik menghimbau kepada masyarakat Kabupaten Pemalang yang berniat mengantarkan jamaah calon haji agar cukup mengantar sampai di Pendopo Kabupaten Pemalang saja. Sudah menjadi tradisi masyarakat Kabupaten Pemalang untuk mengantarkan jamaah calon haji sampai ke Asrama Haji Donohudan.

Menurutnya, hal itu tidak bermanfaat dan lebih banyak mudharatnya. Biaya untuk menyewa bus termasuk besar, ditambah biaya lain-lain. Alangkah baiknya uang yang dikeluarkan untuk mengantar CJH digunakan untuk infaq, sodaqoh, yang bermanfaat bagi umat.

Dalam kegiatan tersebut, Ketua Pengurus Cabang Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) Kabupaten Pemalang, Rofiqul A’la mengukuhkan Pengurus Anak Cabang FKDT Kecamatan Belik. Dengan demikian, seluruh DPAC FKDT di Kabupaten Pemalang telah dikukuhkan. Taufik mengajak kepada pengurus FKDT untuk bersama-sama memajukan madrasah diniyah di Kabupaten Pemalang.

Dalam waktu dekat, santri madrasah diniyah akan mewakili Kabupaten Pemalang dalam ajang Pekan Olahraga dan Seni antar Madrasah Diniyah (Porsadin) tingkat Jawa Tengah tahun 2015. Porsadin tahun ini akan diselenggarakan di Kabupaten Rembang. Taufik meminta kepada pengurus FKDT untuk mempersiapkan segalanya dengan baik. Dan semoga bisa mendapatkan hasil yang terbaik bagi Kabupaten Pemalang. (Fajar)