Kankemenag Purbalingga Meriahkan Peringatan Hari Kartini

Purbalingga – Tak mau kalah dengan kemampuan kaum wanita, 8 orang pegawai laki-laki melakukan unjuk kebolehan memasak nasi goreng. Pemandangan yang sempat menjadi tontonan menarik bagi para pegawai dan tamu yang hadir tersebut tampak dalam kegiatan Lomba Memasak Nasi Goreng memeriahkan Hari Kartini Tahun 2018 di halaman Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga, Senin (23/04).

Analis Kepegawaian, Khamimah selaku Ketua Tim Penilai menjelaskan, kegiatan yang bersifat spontanitas tersebut mendapat dukungan sepenuhnya dari Kasubbag TU dan seluruh pegawai satu atap Kankemenag Kabupaten Purbalingga.

“Meski perencanaan mendadak, dengan dukungan penuh dan keikhlasan rekan-rekan kegiatan ini bisa terwujud dan berjalan lancar,” jelas Khamimah.

Ditambahkan, kegiatan lomba yang baru pertama kali dilaksanakan ini memberikan  suasana baru dan hiburan tersendiri bagi para pegawai yang rutinitas sehari-harinya disibukkan dengan pekerjaan dinas di kantor.

Kegiatan kali ini cukup istimewa, lanjutnya, karena selain menjadi juri lomba masak, sebelumnya ibu-ibu juga memimpin kegiatan Apel Pagi. Seluruh petugas apel dari pemimpin apel, pembaca doa hingga pembina apel  dilakukan oleh ibu-ibu dengan penuh semangat.

Dalam amanatnya, Khamimah selaku Pembina Apel menghimbau kepada para peserta agar meneladani perjuangan Pahlawan Emansipasi  Wanita, R.A. Kartini.

“Di era sekarang, wanita mempunyai derajat yang sama dengan pria baik di tingkat pendidikan maupun karir. Namun begitu, kewajiban utama seorang wanita adalah mengutamakan keluarga dan mendidik anak. Karena ibu adalah madrasah pertama bagi putra-putrinya,” himbaunya.

Keseluruhan peserta yang mengikuti lomba tersebut , lanjutnya, dapat menampilkan kebolehannya sesuai dengan ketentuan lomba. Peserta lomba merupakan perwakilan Subbag TU, Bimas Islam, Penyelenggara Haji dan Umroh, Pendidikan Madrasah, Penyelenggara Syariah, PD Pontren, PAIS dan perwakilan Kelompok Kerja Pengawas.

Tim juri yang beranggotakan 3 personil yakni Khamimah, Lina Parwati dan Suryati menilai 3 kriteria lomba yakni cita rasa, penyajian dan ketepatan waktu.

Dari hasil penilaian terpilih sebagai Juara I, II dan III masing-masing Aminudin (Pengawas) Nurtaufik (Gara Syariah) dan Ahmad Muhdzir (Subbag TU).

Kasubbag TU, Ahmad Muhdzir yang juga menjadi salah satu peserta lomba menyampaikan apresiasi atas kegiatan tersebut.

“Intinya adalah mangayubagyo Hari Kartini dan mengapresiasi para staf Kankemenag agar saling mengerti dan memahami bahwa baik laki-laki maupun perempuan mempunyai kontribusi yang sama. Dengan kerjasama dan pengertian akan tercipta hubungan antar anggota rumah tangga yang kompak, di rumah maupun di kantor,” ungkap Muhdzir. (sar/gt)