Kankemenag Purbalingga Peringati HUT ke-72 Kemerdekaan RI

Purbalingga – Seluruh aparatur sipil negara (ASN) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga mengikuti kegiatan Upacara Pengibaran Bendera memperingati Detik-Detik Proklamasi  ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia di Halaman Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga.

Kegiatan upacara yang dilaksanakan Kamis (17/08) dipimpin oleh Plt. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga, Ratmono. Sebagian ASN yang ditunjuk sebagai petugas berhasil melaksanakan tugas masing-masing setelah berlatih dua hari sebelumnya.

Dalam sambutannya Plt. Kepala Kankemenag, Ratmono membacakan teks sambutan Gubernur Jawa Tengah dalam peringatan detik-detik proklamasi ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia. Dalam sambutan Gubernur disampaikan agar para peserta upacara dapat menjunjung persatuan dan kesatuan meski hidup dalam keberagaman agar kain kebangsaan tetap utuh dan tidak kembali terkoyak.

“Jangan biarkan kain kebangsaan kembali terkoyak karena warna kita yang berbeda. Pelangi akan selalu indah karena warnanya yang berbeda. Namun dalam warna yang berbeda itu, merah putih harus selalu ada di dalam dada,” ucap Ratmono dalam membacakan teks sambutan.

Ratmono juga mengajak para peserta upacara sebagai bagian kecil bangsa Indonesia agar berkarya seberapapun kecilnya dan mengintrospeksi diri tentang apa dan berapa banyak karya yang telah diberikan kepada negeri Indonesia ini.

Ditambahkan, sebagai bagian dari bangsa ini semua terpanggil dan berperan aktif dalam menyelesaikan persoalan bangsa dengan menggunakan istilah peribahasa orang Jawa rumangsa melu handarbeni, rumangsa wajib hangrungkebi, mulat sarira hangrasa wani agar negara kita tetap jaya dan abadi.

Usai upacara, dilaksanakan Tasyakuran dengan potong tumpeng dan menikmati makan bersama sebagai wujud  syukur dan menambah erat rasa kebersamaan dalam keluarga besar Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga.

Salah satu peserta upacara dari Seksi  Pendidikan Agama Islam yang lahir tanggal 17 Agustus, Sahrun menyatakan rasa syukurnya saat menerima potongan tumpeng pertama dari Plt. Kepala Kankemenag Purbalingga.

“Terima kasih, alhamdulillah semoga doa Bapak dikabulkan dan menjadi  kebaikan bagi saya dan keluarga saya,” kata Sahrun. (sar/gt)