Kanwil bekali aparaturnya dengan teknis jurnalistik

Semarang – Subbag Informasi dan Hubungan Masyarakat Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah kembali menggelar kegiatan Bimbingan Teknis Jurnalistik, adapun peserta berasal dari pegawai Kanwil, Kankemenag, MAN dan MTsN se-Jawa Tengah, dengan mengambil tempat di Hotel Muria Semarang. Kegiatan yang akan berlangsung selama 3 hari dibuka oleh Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah Drs. H. Ahmadi, M.Ag(30/5).

Bimbingan teknis ini dikandung maksud memberikan pembekalan bagi para peserta dalam bidang jurnalistik, sehingga peserta nantinya akan mampu memberikan kontribusi pemberitaan baik di majalah dinas “Sejahtera” dan di website Kanwil maupun Kankemenag Kabupaten/Kota di Jawa Tengah. Perihal tersebut disampaikan oleh Kasubbag Informasi dan Humas Badrus Salam selaku ketua panitia dalam laporannya.

Terkait dengan kegiatan ini Kakanwil mengharapkan hasil yang maksimal terhadap para peserta kiriman dari masing-masing satuan kerja untuk dapat memberikan kontribusi pemberitaan tentang Kementerian Agama dalam media cetak maupun elektronik yang tersedia.

“Saat ini Kanwil telah memiliki majalah dinas Sejahtera dan website baik di Kanwil maupun Kankemenag, seperti yang diharapkan panitia, bimtek ini nantinya mampu menghasilkan jurnalis-jurnalis handal yang dapat memberikan kontribusi pemberitaan di media kita”, ucap Kakanwil saat memberikan sambutan dalam pembukaan bimbingan teknis.

Berdasarkan buku panduan, bimtek akan menghadirkan narasumber dari wartawan Suara Merdeka Muhammad Saronji dan Muhammad Syukron yang akan mengupas teknik wawancara dan teknik menulis berita, sedangkan di bidang fotografi dan desain grafis menghadirkan praktisi masing-masing Pay Raharja dan Heri Basuki.

Materi-materi bersifat teknis yang akan disampaikan oleh masing-masing narasumber tersebut mempunyai harapan akan mampu memberikan bekal yang cukup para peserta dengan lebih difokuskan pada praktik wawancara, penulisan berita, teknik fotografi dan sunting foto.(gt)