Kanwil menggelar Ujian Dinas dan Penyesuaian Kenaikan Pangkat

Semarang – Pagi ini Subbag Organisasi Tata Laksana dan Kepegawaian Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah menggelar Ujian Dinas (UDIN) dan Ujian Penyesuaian Kenaikan Pangkat (UPKP). Hal ini diselenggarakan dalam rangka melaksanakan edaran dari Sekretaris Jenderal Kementerian Agama agar masing-masing satuan kerja di unit eselon I dan II melaksanakan UDIN dan UPKP untuk periode April tahun 2015.

Pelaksanaan UDIN dan UPKP berlangsung serempak mulai hari Selasa (24/02) dengan diikuti peserta ujian UDIN tingkat I 5 orang, UDIN tingkat II 3 orang, UPKP tingkat II 13 orang dan UPKP tingkat III 126 orang, dimana pendaftaran dan berkas persyaratan sebagai calon peserta ujian sudah diterima oleh panitia Kanwil pada tanggal 13/02/2015 yang lalu. Untuk UPKP sesuai jadwal akan berlangsung selama 4 hari hingga Jumat (27/02) sedang UDIN berlangsung hingga Senin (02/03) perbedaan ini dikarenakan untuk UPKP tes hanya pada materi pengetahuan umum saja, sedangkan untuk UDIN tes mencakup materi tentang Tugas dan Fungsi pejabat/pegawai pada Kementerian Agama.

Menurut Kasubbag Organisasi Tata Laksana dan Kepegawaian H. Wahid Arbani, S.Ag.,M.Si menjelaskan bahwa titik berat dalam UDIN ini peserta mampu memahami arah kebijakan terkait pelaksanaan tugas pokok pejabat/pegawai di lingkungan Kementerian Agama. Sedang untuk UPKP peserta mampu memahami tentang kebijakan, program, perundangan yang terkait bidang tugasnya dan kode etik sebagai pegawai Kementerian Agama. Disamping itu juga menggali bakat, minat, kepribadian dan kemampuan peserta sesuai dengan tingkat pendidikan dan bidang tugas yang bersangkutan.

“Inti dari pelaksanaan UDIN ini masing-masing peserta diharapkan mampu memahami kebijakan yang berkaitan dengan pelaksanaan tugas pokok Kementerian Agama dan tugas pokok selaku pejabat/pegawai yang bersangkutan”, ungkap Wahid Arbani menjelaskan.

“Sesuai dengan edaran dari Sekretaris Jenderal bahwa “Pelaksanaan UPKP ini diharapkan memapu menggali kepribadian, bakat, minat yang dimiliki pejabat/pegawai sesuai dengan tingkat pendidikan masing-masing. Memotret kemampuan yang diperoleh selama proses pendidikan dalam pelaksanaan tugas/jabatan/pekerjaan masing-masing. Serta diharapkan mampu memahami tentang kebijakan, program, perundang-undangan terkait bidang tugas dan kode etik sebagai pegawai Kementerian Agama”, lanjut Wahid menambahkan.

Wahid berharap agar pelaksanaan UDIN dan UPKP berjalan lancar dan peserta bisa mengerjakan ujian dengan baik dan akhirnya berhasil lulus semua.

“Semoga pelaksanaan UDIN dan UPKP ini berjalan lancar dan semua peserta bisa lulus, sebab sesungguhnya ada 500 peserta yang mendaftar namun 147 peserta yang lolos seleksi administratif sedang yang lain gagal dikarenakan kurang memenuhi persyaratan yang telah menjadi ketentuan. Para peserta semuanya wajib bersyukur bisa hadir disini dan satu langkah lagi mengikuti ujian ini harapannya semua peserta bisa lulus”, harap Kasubbag mengakhiri sambutannya.

Selanjutnya hasil penilaian UDIN dan UPKP setelah diperiksa dan dikoreksi oleh panitia Kanwil akan disampaikan kepada panitia UDIN/UPKP Kementerian Agama melalui Bagian Assessment dan Pengembangan Pegawai Biro Kepegawaian pada Sekretariat Jenderal Kementerian Agama paling lambat 09/03/2015. (gt)