Kapokjaluh : Majelis Taklim Babut Taubah Launching

Kota Pekalongan – Pentingnya Majelis Taklim bagi komunitas muslim tentu tidak diragukan lagi. Dengan memperhatikan perkembangan dan eksistensi Majelis Taklim, maka Majelis Taklim sebagai lembaga pendidikan nonfomal pada masa sekarang ini mempunyai kedudukan tersendiri dalam mengatur pelaksanaan pendidikan agama dalam rangka dakwah Islamiyah dan merupakan salah satu alat bagi pelaksanaan pendidikan seumur hidup dimanapun tempatnya.

Hal ini menjadi pembahasan pada rakor Pokjaluh (Kelompok Kerja Penyuluh) Kantor Kementerian Agama Kota Pekalongan dengan Rutan (Rumah Tahanan Negara) Kelas II A Pekalongan, Selasa tgl 28 Pebruari 2017 di Aula Rutan.   

Menurut Ketua Pokjaluh Kemenag Faqihudin, ” karena sifatnya non formal, maka penyelenggaraan majelis taklim dalam beragam bentuknya berjalan sesuai dengan kondisi sosiokultural dan ekonomi masyarakat. Bahkan bisa dikatakan bahwa penyelenggaraan majelis taklim tidak terlepas dari kebutuhan masyarakat yang menjadi jamaahnya,  termasuk jamaah yang berada dirumah tahanan, ” kata Faqihudin.

Adapun diadakannya rakor, bertujuan pembentukan Majelis Taklim di Rutan (Rumah Tahanan Negara) Kelas II A Pekalongan sebagai  1. saran untuk menyampaikan pesan-pesan keagamaan kepada jamaahnya; 2. sarana yang memberi peluang kepada jama’ah untuk tukar menukar pikiran, berbagi pengalaman, dalam masalah keagamaan; 3. saran yang dapat membina keakraban di antara sesama jama’ahnya , 4. sarana informasi dan kajian keagamaan.                                    

“Sementara itu, suasana rakor  berjalan dengan lancar, pada kesempatan tersebut, Faqih mengusulkan nama Majelis Taklim Babut Taubah.”

Selanjutnya, kasi Pelayanan Tahanan, Tavip Imam Haryanto menambahkan  menyambut baik pertemuan tersebut serta menyetujui tambahan pesantren kilat dengan nama Majelis Taklim Babut Taubah.                   

Pada akhinya, rakor yang dihadiri semua Penyuluh Kantor Kemenag Kota Pekalongan dan jajaran petugas Rutan (Kasi Pelayanan Tahanan dan jajaran), menyepakati nama ,”Majelis Ta’lim Babut Taubah dan Insya Allah Launching rencana bulan April 2017, “imbuhnya. (ms/rf).