Kapolres Pati Buka Lomba Tahfidz Tingkat Kabupaten

Pati – Kapolres Pati Maulana Hamdan membuka Lomba Tahfidz Tingkat Kabupaten Pati di Mapolres Pati, Jl. Ahmad Yani, Senin (12/6)

Lomba dalam rangka memperingati HUT Bhayangkara ke 71 tahun 2017, dan juga peringatan Nuzulul Qur’an 1438 Hijriah ini dihadiri oleh Kepala Kankemenag Kabupaten Pati Akhmad Mundakir, Kasi PDPontren Kankemenag Kabupaten Pati Abdul Hamid, Kasat Lantas Polres Pati beserta segenap pejabat di lingkup Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Pati, dan didiikuti 364 orang peserta dengan rincian 329 peserta kategori tahfidz 1 juz (juz ke-30) yang terbagi 81 peserta putra dan 248 peserta putri, serta 35 peserta kategori tahfidz 5 juz (juz 1-5) yang terbagi 25 peserta putri dan 10 peserta putra. Lomba ini terselenggara atas kerjasama Satlantas Polres Pati dengan Kementerian Agama Kabupaten Pati.

Lomba Tahfidz Al-Quran ini merupakan rangkaian giat menjelang HUT Bhayangkara ke- 71. Melatih anak-anak kita berkompetisi di bidang keagaamaan pada usia dini, juga sangat penting, agar mereka semakin semangat mendalami ilmu agama, dan menjadi sosok yang taat terhadap agamanya. Hal ini disampaikan Kapolres Pati Maulana Hamdan dalam sambutannya saat membuka acara secara resmi.

Kapolres Pati sangat mengapresiasi pelaksanaan lomba Tahfidz tersebut. “Lomba ini memang baru perdana digelar, namun animo pendaftar di Kabupaten Pati sangatlah tinggi, terbukti dari jumlah pendaftar yang mencapai ratusan dalam kurun waktu pendaftaran yang hanya digelar selama seminggu. “ungkapnya.

Mengingat tingginya animo pelajar untuk tampil, nantinya pihaknya berencana untuk menjadikan kegiatan ini sebagai agenda rutin tahunan, “imbunya.
Menurut Hamdan, ilmu tahfidz dan penguasaan Alquran menjadi penting untuk membentengi akhlak dan menanamkan karakter anak di tengah derasnya arus globalisasi dan kemajuan teknologi saat ini.

Hamdan mengatakan, kegiatan lomba tahfidz ini patut didukung oleh semua pihak. “Kegiatan seperti ini sangat mendukung terwujudnya visi misi pemerintah Kabupaten Pati, Sejahtera Religius,” ungkapnya mengapresiasi.

Ia juga mengatakan yang terpenting bukan sekedar lombanya, tapi bagaimana anak anak kita termotivasi dan bersemangat untuk menghafal Alqur’an dan dekat dengan Alqur’an. Dan seterusnya bagaimana upaya-upaya untuk pengamalannya dalam kehidupan sehari-hari, “tandasnya.

Hamdan menyampaikan harapannya bahwa kegiatan-kegiatan seperti ini patut didukung bersama dan ditingkatkan. “Bahkan kalau bisa tahun besok kita lanjutkan hingga tingkat provinsi,” pungkasnya.

Untuk semakin meningkatkan motivasi Kapolres Pati memberikan piagam, piala dan uang bisyaroh senilai Rp 12 Juta. Salah seorang panitia pelaksana dari seksi PDPontren Kankemenag Kabupaten Pati Muhadi menjelaskan, untuk memotivasi peserta, panitia menyediakan hadiah dengan total Rp. 12 Juta, yang diberikan kepada Juara lomba tahfidz kategori 1 juz; juara I memperoleh Rp. 2 juta, juara II Rp. 1,5 juta, dan juara III Rp. 1 juta, sedangkan untuk kategori 5 juz; juara I memperoleh Rp. 3 juta, juara II Rp. 2,5 juta, dan juara III Rp. 2 juta.

Adapun nama-nama para juara sebagai berikut,

Kategori Tahfidz 1 Juz Putri : Juara I an Zakia Kholida Elfa, juara II an Diah Putri Lestari dan juara III an Musrotu Umami. Kategori Tahfidz 1 Juz Putra : Juara I an khoirul Ma’arif, juara II an Yasser Mahmud Ahsaniy dan juara III an Maulana Diaz Wahyu P.

Sedangkan untuk kategori Tahfidz 5 Juz Putri : Juara I an Nailul Izzati Salsabila, juara II an Wafda Izzatul Jannah dan juara III an Zahra Amzadia. Kategori Tahfidz 5 Juz Putra : Juara I an Alief Fachriza Sulistyo, juara II an Muhammad Aulia Kafa dan juara III an Muhammad Zidan M. (Athi’/bd)