Kapolri Serahkan Cenderamata Ke 10 Ponpes

Rembang – Sepuluh Pondok Pesantren di Kabupaten Rembang mendapatkan cenderamata dari Kapolri Jenderal Tito Karnavian. Penyerahan tersebut dilakukan pada acara ‘Safari Ramadhan’ Kapolri ke Ponpes Roudlotut Tholibin, Kelurahan Leteh, Kecamatan Rembang, Jawa Tengah, Selasa (6/6).

Sepuluh Pondok Pesantren tersebut adalah Ponpes Al-Irsyad Rembang, Al-Wahdah Lasem, Binnur Sulang, Mah’had Ulumusy Syariah Sarang, Miftahul Anwar, Alhamdulillah Sulang, As-Shidiq Kragan, Tahfidzul Qur’an Sedan, Al-Furqon, dan Ma’latul Irsyad.

Pemberian cenderamata tersebut dilakukan usai Kapolri memberikan cenderamata kepada Gus Mus yang dibalas dengan pemberian kenang-kenangan dari KH Ahmad Mustofa Bisri, dan kepada Kiai Haji Maimun Zubair.

Dalam sambutannya, Gus Mus mengatakan, kedatangan Kapolri di kediamannya merupakan berkah tersendiri. Ia berharap kepada Allah SWT agar aparat kepolisian diberi kekuatan lahir batin, kekuatan, dan kesabaran untuk menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kunjungan ini turut dihadiri pula oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, Farhani, didampingi Kepala Kankemenag Kabupaten Rembang, Atho’illah. Selain itu juga Kapolda Jawa Tengah, Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, Bupati Rembang, H. Abdul Hafidz, Wabup Rembang, Bayu Andrianto, jajaran Forkominda Rembang, tokoh ulama dan masyarakat sekitar.

Acara dilanjutkan dengan buka bersama, shalat magrib berjamaah, dan shalat tarawih.

Kepala Kankemenag Kabupaten Rembang, Atho’illah menyambut baik pemberian cinderamata oleh Kapolri. Menurutnya, hal ini merupakan sebuah penghargaan khusus kepada pesantren di Rembang. “Pesantren adalah ciri khas masyarakat Rembang. Dan Kapolri menganggap bahwa keberadaan pesantren dapat membuat sejuk suasana di Indonesia di tengah ancaman perpecahan bangsa,” katanya. — ss/bd