Karnaval Peringatan Hari Kartini

Temanggung – Hari kartini selalu  membangkitkan semangat  dan gairah masyarakat untuk memperingatinya. Dengan ragam cara dan gaya masyarakat berusaha untuk menjadikan hari Kartini sebagai momentum membangkitkan semangat nasionalisme dan cinta tanah air.

Demikian juga yang dilakukan oleh IGRA Kecamatan Parakan, Bansari dan Kledung yang pada hari Sabtu (28/4) menyelenggarakan peringatan Hari Kartini dengan karnaval budaya yang diikuti oleh 20 peserta terdiri dari 18 RA dan 2 PAUD. Kegiatan yang menganbil start di gedung Serbaguna  Desa Bagusan dibuka oleh Kepala Desa,  Solihin dengan pelepasan balon.

Sementara pengibaran bendera start oleh pengawas Madrasah Nuryanto, S.Ag.  Menurut Nuryanto kegiatan ini dilaksanakan untuk mengenang jasa para pahlawan dan pengorbanannya dapat juga dirasakan oleh anak didiknya, terutama perjuangan Ibu Kartini. Perjuangan yang telah mengangkat derajat wanita ini diharapkan juga turut dirasakan mayoritas wanita sehingga bisa menjadi pendidik untuk memberikan bagi anak didiknya,  untuk mengenang jasa RA Kartini dalam memperjuangkan emansipasi wanita dan untuk meneladani kegigihan dalam  memperjuangkan hak-haknya.  Selain itu kegiatan tersebut  dilaksakan untuk mempererat tali silaturahmi antar RA.

Lebih lanjut Nuryanto mengatakan  kegiatan ini adalah untuk memberikan pembelajaran pada anak tentang perjuangan RA Kartini dalam memperjuangkan hak kaum perempuan di Indonesia.

“Supaya perempuan bisa duduk sejajar dengan kaum pria dalam mengenyam pendidikan dan berjuang untuk turut serta membangun tanah air,” pungkasnya.

Kegiatan yang berakhir di Balai Desa Bagusan ini mendapat sambutan yang meriah dari masyarakat. Bahkan Kepala Desa mengharapkan agar tiap tahun dapat diselenggarakan di Desa Bagusan. (nm/sr)