Karom dan Karu Harus Memahami Tugas-Tugasnya

Temanggung –  Seksi PHU Kementerian Agama Kabupaten Temanggung menyelenggarakan kegiatan Pemantapan Ketua Regu (KARU) dan Ketua Rombongan (KAROM) Jamaah Haji Kabupaten Temanggung  yang bertempat di Gedung IPHI Kabupaten Temanggung, Selasa (10/7) kemarin.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, Drs. H. Saefudin, M.Pd. Dalam sambutannya beliau mengapresiasi kegiatan ini, karena kegiatan pemantapan Karom dan Karu ini akan memberikan wawasan yang lebih kepada mereka mengenai pelaksanaan ibadah haji sebagai bekal mendampingi jamaah haji lainnya. Dengan adanya kegiatan tersebut, Karom dan Karu bisa lebih sering berkordinasi dan lebih memahami tentang tugas pokok mereka dalam memimpin regu dan rombongannya.

“Sehingga perjalanan ibadah haji bisa berjalan lancar sesuai dengan apa yang direncanakan,” harap Saefudin.

Dalam laporannya Kasi PHU PHU Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, H. Thowaf, M.Ag menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan wawasan bagi Karom dan Karu sekaligus untuk memantapkan dalam rangka pelaksanaan Ibadah Haji tahun ini. Adapun materi pada kegiatan ini meliputi : Kebijakan Pemerintah tentang Haji Tahun 2018, Taklimatul Hajj, Keselamatan Perjalanan, Tupoksi Karom dan Karu serta Diskusi. Adapun pematerinya antara lain: Kepala Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, Ka Subbag TU, Kasi Bimas Islam dan Kasi PHU Kementerian Agama Kabupaten Temanggung. Kegiatan pembekalan ini merupakan kegiatan yang sangat penting agar para kepala regu dan kepala rombongan bisa memahami dengan baik akan tugas-tugasnya nanti dalam pelaksanaan ibadah Haji.

“Tugas Kepala Regu dan Kepala Rombongan Jamaah Haji nanti sangat berat sehingga perlu pendalaman tugas dan pembekalan secara komprehensif, ” ujar Thowaf.

Lebih lanjut dikatakan jadwal pemberangkatan haji tahun 2018 sudah semakin dekat. Kabupaten Temanggung dengan daftar embarkasi Solo dijadwalkan berangkat menuju Asrama Haji Donohudan Solo, pada tanggal 21 Juli 2018 dan tanggal 25 Juli  2018, pungkasnya. (sr/sua)